Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Megawati Hadiri Serah Terima dan Pengukuhan Komandan KRI Bung Karno-369

Presiden Ke-5 Megawati Soekarnoputri menghadiri upacara serah terima pengoperasian Kapal Perang Republik Indonesia (KRI) Bung Karno-369
Megawati Hadiri Serah Terima dan Pengukuhan Komandan KRI Bung Karno-369 / Istimewa
Megawati Hadiri Serah Terima dan Pengukuhan Komandan KRI Bung Karno-369 / Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - Presiden ke-5 RI Megawati Soekarnoputri menghadiri upacara serah terima pengoperasian Kapal Perang Republik Indonesia (KRI) Bung Karno-369 di Dermaga Komando Lintas Laut Militer (Kolinlamil), Tanjung Priok, Jakarta Utara, Kamis (1/6/2023).

Pada momen itu, putri Presiden Pertama Soekarno alias Bung Karno ini juga menyaksikan pengukuhan komando pengoperasian kapal korvet buatan Indonesia itu. Letkol Laut (P) Krido Satrio Utomo dipilih menjadi Komandan Pertama KRI tersebut.

Dilansir dari keterangan resmi, Megawati tampak didampingi dua anaknya, yaitu Rizki Pratama alias Mas Tatam dan Ketua DPR RI Puan Maharani.

Hadir juga tiga putra-putri Bung Karno lainnya yaitu Guntur Soekarnoputra, Sukmawati Soekarnoputri, dan Guruh Soekarnoputra.

Dari jajaran TNI, hadir langsung Panglima TNI Laksamana Yudo Margono, Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana Muhammad Ali, dan koleganya di TNI AL.

Tampak juga Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey dan Kalemdiklat Polri Komjen Purwadi Arianto.

Sebagai informasi, Kapal Korvet Bung Karno-369 hadir sebagai pendukung pelaksanaan Operasi Militer untuk Perang (OMP), serta mendukung Operasi Militer Selain Perang (OMSP). Selain itu korvet baru ini akan menggantikan kapal kepresidenan KRI Barakuda-633 yang sudah beroperasi selama 27 tahun.

KRI Bung Karno-369 dibangun oleh produsen pertahanan dalam negeri PT Karimun Anugrah Sejati di Batam.

KRI ini memiliki panjang 73 meter, lebar 12 meter, dan tinggi 5 meter. Korvet Bung Karno memiliki berat 650 ton dengan anak buah kapal sebanyak 55 orang personel dengan kecepatan jelajah 22 knot serta kecepatan maksimal 24 knot.

Kapal ini dipersenjatai dengan satu Meriam Leonardo 40 mm, dua senapan mesin berat 20 mm, dan dua peluncur rudal permukaan ke udara.

Tak hanya itu, fitur pendukung seperti terpedo dan sonar juga dipasangkan. KRI ini juga dirancang mampu membawa helikopter Panther dan memiliki helidek yang mirip dengan korvet kelas Bung Tomo.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper