Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Survei Kompas: Sandiaga Uno dan Ridwan Kamil Favorit Cawapres 2024

Survei Kompas menunjukkan Sandiaga Uno dan Ridwan Kamil menjadi dua tokoh cawapres dengan elektabilitas tertinggi.
Ridwan Kami / Pemprov Jabar
Ridwan Kami / Pemprov Jabar

Bisnis.com, JAKARTA – Survei terbaru Litbang Kompas menunjukkan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno serta Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menjadi dua tokoh calon wakil presiden (cawapres) dengan elektabilitas tertinggi.

Hasil survei Litbang Kompas menyatakan Sandi berada di peringkat pertama tokoh cawapres pilihan dengan elektabilitas mencapai 11,9 persen. Ridwan Kamil menyusul di urutan kedua dengan 9,3 persen suara.

Sedangkan tokoh-tokoh lainnya tertinggal cukup jauh. Di peringkat ketiga misalnya, ada Ganjar Pranowo yang perolehan 5,2 persen suara. Lalu, Anies Baswedan dengan 4,8 persen.

Selanjutnya ada Erick Thohir dengan 4,5 persen suara diikuti Agus Harimurti Yudhoyono denan 4,1 persen suara. Kemudian Prabowo Subianto dengan 3,4 persen. Terakhir ada Tri Rismaharini dengan 2,2 persen suara.

Sisanya, hanya menerima kurang dari 2 persen suara. Sementara yang merasa tak ada tokoh cawapres yang cocok sebesar 6,3 persen. Sedangkan yang merasa tak tahu atau masih rahasia sebanyak 43,4 persen.

Angka-angka itu tak jauh berbeda dari temuan Litbang Kompas pada Januari 2023. Saat itu, Sandi (12,4 persen) dan Ridwan Kamil (10,1 persen) juga menjadi dua tokoh cawapres dengan elektabilitas tertinggi meninggalkan cukup jauh tokoh lainnya.

Meski demikian, baik Sandi dan Ridwan Kamil juga mengalami penurun suara dibanding survei awal tahun itu. Sandi mengalami penurunan 0,5 persen, sedangkan suara Ridwan Kamil turun sebanyak 0,8 persen.

Survei Litbang Kompas kali ini diselenggarakan pada 29 April-10 Mei 2023 dengan jumlah sampel 1.200 yang tersebar di seluruh Indonesia. Sampel dipilih menggunakan teknik pencuplikan sistematis bertingkat, dengan margin eror kurang lebih 2,83 persen.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper