Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Johnny Plate Tersangka, Partai Hary Tanoe Siap Gantikan Bila Dipercaya

Partai Perindo siap menggantikan posisi Johnny G Plate sebagai Menkominfo.
Ketua Umum Perindo Hary Tanoesoedibjo memebri keterangan kepada awak media di Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU), Jakarta, Senin (1/8/2022). JIBI/Bisnis- Suraya Dua Artha Simanjuntak
Ketua Umum Perindo Hary Tanoesoedibjo memebri keterangan kepada awak media di Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU), Jakarta, Senin (1/8/2022). JIBI/Bisnis- Suraya Dua Artha Simanjuntak

Bisnis.com, JAKARTA – Ketua Bidang Politik dan Kebijakan Publik DPP Partai Perindo Heri Budianto angkat bicara mengenai dipanggilnya Ketua Umum Partai Perindo Hary Tanoesoedibjo ke Istana Merdeka pada Senin (15/5/2023).

Pemanggilan Hary Tanoe itu disertai rumor tawaran sebagai Menkominfo pengganti Johnny G Plate. Plate saat ini berstatus sebagai tersangka dalam kasus BTS Kominfo.

Heri menegaskan bahwa di tengah situasi politik yang kian bergejolak, perombakan (reshuffle) kabinet tetap menjadi hak prerogatif Presiden Joko Widodo (Jokowi) sehingga ditegaskannya partai politik (parpol) berlogo elang itu akan tetap mengikuti perkembangan yang ada.

“Kita tunggu saja nanti, Presiden yang akan menentukan. Namun, Perindo selalu mendukung keputusan Presiden soal itu [reshuffle menkominfo],” katanya kepada wartawan melalui pesan teks, Kamis (18/5/2023).

Sekadar informasi, Hary Tanoesoedibjo mengunjungi Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Merdeka, pada hari ini, Senin (15/5/2023). Pertemuan tersebut menjadi yang kedua kali dirinya bertemu secara pribadi dengan Presiden Ke-7 RI tersebut setelah menghadap ke Istana pada Rabu (26/4/2023).

Dia pun mengamini bahwa Bos MNC tersebut telah melakukan dua pertemuan dalam waktu berdekatan, tetapi dirinya irit bicara ketika ditanyakan apakah pertemuan tersebut merupakan tawaran agar kader Perindo menjadi Menkominfo selanjutnya.

“Pak Ketum HT memang sudah 2 kali bertemu Pak Jokowi. Namun, biar Presiden yang menentukan, kita tunggu saja, tetapi kami siap jika dipercaya,” pungkas Heri.

Untuk diketahui, Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G Plate resmi menjadi tersangka dalam kasus korupsi menara telekomunikasi atau Base Transceiver Station (BTS) Kemkominfo.

Direktur Penyidikan Jampidsus Kuntadi mengatakan bahwa penetatapan Johnny dilakukan setelah dilakukan pemeriksaan yang mendalam.

"Berdasarkan pemeriksaan tersebut kami meningkatkan status yang bersangkutan dari saksi menjadi tersangka," ujarnya kepada wartawan, Rabu (17/5/2023).

Berdasarkan pantauan Bisnis, Johnny langsung digiring mobil tahanan milik Kejagung sedari pukul 11.00 WIB.

Adapun, resminya status Johnny sebagai tersangka terjadi pada Rabu (17/5/2023) itu juga bertepatan dengan Rabu Pon, dimana menjelang Pemilu 2024 isu perombakan (reshuffle) kabinet terus bergulir dan kian menghangat pada hari sakral tersebut.

Bahkan, belum lama ini Presiden Joko Widodo pun menyebut tak menutup kemungkinan untuk melakukan perombakan (reshuffle) kabinet sehingga jajaran menteri hanya akan diisi oleh profesional dan parpol koalisi pendukung pemerintah.

“Ya, bisa saja [ada reshuffle],” saat ditemui di Taman Wisata Alam (TWA) Angke Kapuk, Senin (15/5/2023).

Selain itu, sebelum Johnny sebagai tersangka, Kepala Negara belum lama ini memanggil Ketua Umum Partai Perindo Hary Tanoesoedibjo ke Istana Merdeka pada Senin (15/5/2023) yang disinyalir kuat menjadi tawarannya kepada Bos MNC tersebut sebagai Menkominfo pengganti Johnny.

Pertemuan tersebut menjadi yang kedua kali dirinya bertemu secara pribadi dengan Presiden Ke-7 RI tersebut setelah menghadap ke Istana pada Rabu (26/4/2023).

Saat ditanyakan mengenai kabar yang beredar mengenai namanya yang ditunjuk sebagai Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo), Hary pun membantah hal tersebut.

“Wah, itu rumor saja katanya siapa itu. Tidak betul, saya hanya cukup membangun Partai Perindo, karena membangun partai itu butuh konsentrasi butuh fokus jadi saya tugas saya membangun partai supaya bisa menjadi partai yang besar,” katanya saat ditemui di Kompleks Istana Kepresidenan, Senin (15/5/2023).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Akbar Evandio
Editor : Edi Suwiknyo
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper