Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pinka Hapsari Anak Puan Maharani Maju Jadi Caleg DPR dari PDIP

Diah Pikatan Orissa Putri Hapsari alias Pinka Hapsari maju sebagai bakal calon presiden (caleg) DPR RI dari PDI Perjuangan (PDIP).
Ketua DPR RI Puan Maharani./Instagram @puanmaharaniri
Ketua DPR RI Puan Maharani./Instagram @puanmaharaniri

Bisnis.com, JAKARTA - Diah Pikatan Orissa Putri Hapsari alias Pinka Hapsari maju sebagai bakal calon presiden (caleg) DPR dari PDI Perjuangan (PDIP) untuk Pemilu 2024. Pinka merupakan putri sulung dari elite PDIP yang juga Ketua DPR Puan Maharani.

Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto menjelaskan, partainya memang membudayakan agar proses rekrutmen awal dimulai dari keluarga kadernya.

"Proses rekrutmen itu memang dari keluarga. Itu suatu kultur yang terbangun," ujar Hasto di Kantor KPU, Jakarta Pusat, Kamis (11/5/2023).

Hasto bahkan mengklaim di negara lain yang menjadi partai politik dasar demokrasinya, keluarga memang jadi tempat awal rekrutmen kader.

"Di Amerika Serikat, di Singapura, Eropa, itu partai politik yang menjadi pilar demokrasi itu melakukan rekrutmen dari keluarga," jelasnya.

Hasto mengatakan PDIP memang ingin merekrut kalangan muda. Oleh sebab itu, dalam kasus ini, Pinka direkrut untuk menjadi bakal caleg DPR RI dari PDIP.

"Di sini, di dalamnya, ada Mbak Pinka yang memang telah mengikuti kaderisasi, tinggal di Sekolah Partai selama tiga hari," ungkapnya.

Puan sendiri juga maju sebagai bakal caleg DPR dari PDIP. Meski begitu, PDIP belum mau mengungkapkan di daerah pemilihan (dapil) mana Puan dan Pinka akan ditempatkan.

Sebelumnya, Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri sempat memperkenalkan Pinka ke kadernya saat pidato dalam puncak Hari Ulang Tahun (HUT) ke-50 PDIP, Selasa (10/1/2023).

"Itu ada dua cucu saya, ayo berdiri coba. Ayo jangan malu. Nih tuh ini putra-putrinya Mbak Puan," ucap Mega di JIExpo Kemayoran, Jakarta, Selasa (10/1/2023).

Mega mengatakan, Pinka memang ingin mengikuti perayaan puncak HUT PDIP itu karena ingin tahu soal politik. Bahkan, mereka sudah meminta izin kepada Megawati untuk masuk ke dunia politik Indonesia.

"'Momo [panggilan mereka ke Mega] kalau saya mau masuk politik boleh enggak?' Sip. Nah gitu dong," ucap Mega.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper