Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Profil Kapal Pinisi yang Ditumpangi Pemimpin Asean Menikmati Sunset di Labuan Bajo

Jokowi mengajak para pemimpin Asean menikmati sunset di Labuan Bajo dari kapal pinisi di sela acara KTT Asean 2023.
Kapal Pinisi Ayana Lako Dia/ayana
Kapal Pinisi Ayana Lako Dia/ayana

Bisnis.com, JAKARTA - Kapal pinisi digunakan dalam perhelatan KTT Asean 2023 untuk mengajak para pemimpin Asean menikmati matahari terbenam di Labuan Bajo pada Rabu (10/5/2023). 

Kursi disusun berbentuk lingkaran dan meja panjang yang tersusun dari empat meja persegi berada di tengah lingkaran tersebut. Formasi tersebut disusun agar siapapun yang duduk di kursi akan terlihat saling berhadapan. 

Kursi dan meja tersebut disediakan untuk para pemimpin pemerintahan negara-negara Asia Tenggara yakni Asean. 

Diketahui bahwa terdapat 17 kursi coklat muda dialasi jok berbahan chiffon abu-abu halus yang disediakan di atas kapal 

Berikut profil Kapal Pinisi tersebut:

Kapal Pinisi yang ditumpangi para kepala negara di kawasan Asean itu memiliki nama ‘Ayana Lako Di’a’. Nama tersebut adalah nama dalam bahasa Manggarai, suku asli di Labuan Bajo. 

Jika diartikan dalam Bahasa Indonesia, nama tersebut memiliki arti “Semoga Selamat di Perjalanan”. 

Kapal tersebut memiliki dasar warna putih dengan geladak kapal yang berlantai kayu jati cokelat, dilengkapi pagar besi pengaman yang mengitari geladak.

Kapal Ayana Lako Di’a sendiri memiliki panjang 54 meter dioperasikan oleh Ayana Komodo Resort pada Mei 2019. Sejak Rabu (10/5/2023) pagi, kapal ini telah bersandar di dermaga Marina Waterfront Labuan Bajo yang diresmikan Jokowi pada 22 Juli 2022.

Mengutip dari laman resmi Ayana Komodo Resort, kapal pinisi ini dapat disewa secara pribadi baik untuk 3 hari dua malam atau 2 hari 1 malam. 

Kapal pinisi putih tersebut memiliki 9 kabin mewah dengan kamar Master, Luxury dan Deluxe Suite. Kapal tersebut memiliki kecepatan 10 knot dan dapat menampung sebanyak 18 tamu. 

Mengutip pernyataan resmi tim komunikasi dan media KTT Asean, kapal ini dilengkapi sistem navigasi modern dan canggih. 

Kapten kapal yang mengarahkan kemudi untuk memanjakan mata para pemimpin Asean tersebut adalah I Made Gusdana dan beberapa rekannya sebelumnya membantu untuk merancang kursi dan meja di atas kapal. 

"Inilah momentum yang sangat baik kita adakan KTT ke-42 Asean 2023 di Labuan Bajo untuk mempromosikan Labuan Bajo. Supaya semua tahu di Indonesia ada yang namanya Labuan Bajo di Nusa Tenggara Timur," kata Presiden usai mendarat di Bandar Udara Komodo, pada Minggu (7/5/2023). 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper