Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Associated Press dan New York Times Menangkan Pulitzer Liputan Perang Ukraina

Associated Press (AP) dan New York Times memenangkan Hadiah Pulitzer pada Senin (8/5/2023) untuk liputannya tentang perang di Ukraina.
Warga membersihkan puing-puing di sebelah gedung perkantoran yang ditembaki malam sebelumnya di dekat pusat kota Kharkiv saat serangan Rusia ke Ukraina di Kharkiv, Ukraina. REUTERS/Leah Millis
Warga membersihkan puing-puing di sebelah gedung perkantoran yang ditembaki malam sebelumnya di dekat pusat kota Kharkiv saat serangan Rusia ke Ukraina di Kharkiv, Ukraina. REUTERS/Leah Millis

Bisnis.com, JAKARTA - Associated Press (AP) dan New York Times NYT.N memenangkan Hadiah Pulitzer pada Senin (8/5/2023) untuk liputannya tentang perang di Ukraina. AP memenangkan dua Pulitzer.

Melansir Reuters, wartawan Washington Post, Caroline Kitchener, memenangkan hadiah pelaporan nasional untuk liputan aborsi di Amerika Serikat setelah Mahkamah Agung tahun lalu membatalkan keputusan penting Roe v. Wade tahun 1973 yang telah melegalkan prosedur tersebut secara nasional.

Adapun Eli Saslow memenangkan penghargaan penulisan fitur untuk Post.

Reuters adalah finalis dalam dua kategori. Dalam pelaporan internasional, dewan Pulitzer mengutip Reuters untuk seri investigasi empat bagiannya yang mengungkap pelanggaran berat hak asasi manusia (HAM) terhadap perempuan dan anak-anak oleh militer Nigeria dalam perangnya dengan pemberontak Islam.

Dalam pelaporan nasional, Reuters terpilih sebagai finalis untuk seri yang mengungkap meluasnya penggunaan pekerja anak oleh pemasok suku cadang mobil dan rumah pemotongan unggas di negara bagian Alabama, AS.

Penghargaan Pulitzer tahunan, yang pertama kali diberikan pada tahun 1917, adalah penghargaan paling terkenal dalam jurnalisme AS.

Hadiah tersebut dinamai untuk penerbit surat kabar Joseph Pulitzer, yang meninggal pada tahun 1911 dan meninggalkan uang untuk membuat penghargaan dan mendirikan sekolah jurnalisme di Universitas Columbia.

Penghargaan layanan publik, yang dianggap sebagai jurnalis Associated Press yang paling bergengsi dan terhormat, Mstyslav Chernov, Evgeniy Maloletka, Vasilisa Stepanenko dan Lori Hinnant, yang tetap berada di kota Mariupol, Ukraina musim semi lalu saat mendapat kecaman dari pasukan Rusia dan mendokumentasikan pembunuhan warga sipil.

Maloletka juga merupakan bagian dari tim AP di Ukraina yang menang untuk fotografi berita terkini.

Sebelum mengumumkan para pemenang, Neil Brown, salah satu ketua dewan Pulitzer dan Presiden Institut Poynter, berbicara untuk mendukung reporter Wall Street Journal Evan Gershkovich yang ditahan selama perjalanan pelaporan dan dituduh melakukan spionase oleh otoritas Rusia.

Amerika Serikat keberatan dengan penangkapan Gershkovich dan meminta Rusia untuk membatalkan kasus tersebut.

"Dewan Hadiah Pulitzer bergabung dengan banyak organisasi di seluruh dunia menuntut pembebasan segera Evan," kata Brown.

"Dia, seperti banyak orang lainnya, melakukan pekerjaannya."

Sebuah situs berita Alabama, AL.com, memenangkan dua Pulitzer, satu untuk liputan lokal dan satu lagi untuk komentar.

The Los Angeles Times memenangkan Hadiah Pulitzer untuk berita terkini karena mengungkapkan percakapan yang direkam secara diam-diam di antara anggota dewan kota yang mencakup komentar rasis, sebuah skandal yang mendorong dua pejabat untuk mengundurkan diri.

Christina House dari surat kabar itu juga mendapatkan penghargaan fotografi fitur untuk serialnya yang menunjukkan kehidupan seorang wanita tunawisma yang sedang hamil.

Selain penghargaan pelaporan internasional, New York Times mengambil penghargaan untuk pelaporan dan komentar bergambar. The Times telah memenangkan 137 Pulitzer sejak penghargaan dimulai.

The Wall Street Journal menang untuk pelaporan investigasi karena mengungkap konflik kepentingan keuangan di antara pejabat di lusinan agen federal.

Caitlin Dickerson, seorang reporter di majalah The Atlantic, membawa pulang penghargaan pelaporan penjelasan untuk pemeriksaan mendalam tentang kebijakan AS di bawah mantan Presiden Donald Trump yang memisahkan orang tua dari anak-anak mereka di perbatasan AS.

Pulitzer juga membagikan penghargaan dalam delapan kategori untuk buku, musik, dan drama.

Dua reporter Washington Post, Robert Samuels dan Toluse Olorunnipa, memenangkan Pulitzer untuk nonfiksi umum untuk "His Name is George Floyd," sebuah buku tentang pria kulit hitam yang pembunuhannya oleh polisi pada tahun 2020 di Minneapolis memicu protes internasional.

Dewan yang sebagian besar terdiri dari editor atau eksekutif terkemuka di outlet media utama AS memimpin proses penjurian.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Nancy Junita
Editor : Nancy Junita
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper