Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Jet Tempur F-16 "Super Modern" AS Jatuh Lagi, Kali Ini di Korea Selatan

AS tampaknya harus meninjau kembali teknologi yang mereka sematkan pada jet tempur F-16.
Pesawat jet tempur F-16/Reuters
Pesawat jet tempur F-16/Reuters

Bisnis.com, SOLO - AS tampaknya harus meninjau kembali teknologi yang mereka sematkan pada jet tempur F-16. Sebab jet tempur yang diklaim sebagai salah satu alutsista modern milik AS ini lagi-lagi dikabarkan jatuh.

Dilansir dari Airforce Times, sebuah F-16 Fighting Falcon yang ditugaskan ke Sayap Tempur ke-8 di Pangkalan Udara Kunsan, Korea Selatan, jatuh di daerah pertanian sekitar 11,5 mil dari Pangkalan Udara Osan.

Laporan tentang jatuhnya pesawat ini diterima oleh militer AS pada Sabtu, 6 Mei 2023 sekitar pukul 09:45 waktu setempat.

Menurut laporan terbaru, pilot yang mengoperasikan F-16 berhasil keluar dengan selamat setelah dengan cepat diangkut ke Pusat Perawatan Mendesak Pangkalan Udara Osan untuk evaluasi.

“Meskipun kami belum memiliki informasi tambahan, kami lega pilot berhasil dikeluarkan dengan aman dan tidak ada cedera lain,” kata Kolonel Henry R. Jeffress III, komandan Wing Fighter ke-8, dalam rilis Yonhap.

Menurut petugas pemadam kebakaran dan polisi setempat, kecelakaan itu terjadi di dekat Pyeongtaek, 35 mil selatan Seoul. Jet terbakar setelah jatuh, mengakibatkan sebagian besar pesawat hancur.

“Angkatan Udara AS akan membentuk Dewan Investigasi Keselamatan independen untuk meninjau semua data dan bukti yang terkait dengan insiden hari ini dan menggunakan informasi tersebut untuk menentukan penyebabnya dan menentukan langkah-langkah keselamatan korektif untuk memastikan keamanan armada F-16,”  imbuh Jeffress.

Tampaknya AS harus mulai melihat kembali teknologi yang mereka sematkan di jet tempur F-16. Sebab ini bukan kali pertama jet tempur tersebut mengalami kecelakaan.

Catatan kecelakaan F-16...

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Halaman
  1. 1
  2. 2
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper