Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pandangan Anies soal Jokowi, Ganjar, Prabowo, Sandi, hingga AHY

Anies Baswedan mengomentari lima tokoh politik dari Jokowi hingga AHY. Anies juga menjawab soal kemungkinan AHY untuk maju bersama sebagai cawapres 2024.
Anies Baswedan mengomentari lima tokoh politik dari Jokowi hingga AHY. Anies juga menjawab soal kemungkinan AHY untuk maju bersama sebagai cawapres 2024. ANTARA FOTO/Fakhri Hermansyah/YU
Anies Baswedan mengomentari lima tokoh politik dari Jokowi hingga AHY. Anies juga menjawab soal kemungkinan AHY untuk maju bersama sebagai cawapres 2024. ANTARA FOTO/Fakhri Hermansyah/YU

Bisnis.com, JAKARTA - Anies Baswedan, bakal calon Presiden yang diusung Partai Nasdem, mengomentari lima tokoh politik termasuk Jokowi dalam podcast bersama dengan Merry Riana. Gubernur DKI tersebut mengunggah podcast tersebut di YouTube miliknya sendiri pada hari Sabtu (6/5/2023).

Dalam podcast tersebut, Merry Riana meminta komentar jujur dari Anies Baswedan mengenai 5 nama tokoh politik. 

Pertama, yakni soal Ganjar Pranowo. Anies mengatakan bahwa Ganjar adalah sosok Gubernur yang memikirkan masyarakat Jawa Tengah. 

Anies juga mengaku bahwa Ganjar adalah teman lama, yang juga sama-sama menempuh pendidikannya di Universitas Gadjah Mada. 

Walaupun berbeda 3 tahun secara angkatan, Anies mengaku bahwa mereka sempat berinteraksi, dan Ganjar sendiri adalah sosok yang baik.

Kedua yakni soal Prabowo, Anies menganggap bahwa Prabowo adalah seorang patriot dan pejuang yang telah mendedikasikan hidupnya untuk menjaga kedaulatan Indonesia. 

Hal tersebut lantaran Prabowo telah memulai dari seorang prajurit, hingga kini menjadi Menteri Pertahanan Indonesia. 

Kemudian dalam komentar mengenai Jokowi, Anies mengatakan bahwa RI 1 tersebut adalah sosok yang dapat menjadi inspirasi dalam dedikasinya dalam bekerja yang luar biasa. 

Jokowi juga menjadi bukti demokrasi di Indonesia, yang memberikan kesempatan kepada siapa saja untuk memimpin sebuah negara. Anies berkomentar bahwa jika negara mempertahankan aristokrasi, maka orang biasa-biasa saja tidak bisa. 

“Banyak negara tetangga kita harus menjadi anak seseorang untuk bisa berada di posisi itu. Pak Jokowi jadi inspirasi” ujar Anies, mengutip dari channel YouTube Anies Baswedan (6/5/2023). 

Kemudian dalam membahas Sandiaga Uno, Anies mengatakan bahwa Ibu mereka yakni Ibu Mien Uno dan Ibu Aliyah saling bersahabat dan satu kelas dalam Fakultas Pedagogi di Universitas Padjadjaran. 

Anies mengatakan bahwa mereka sama sama anak pendidik dan besar di keluarga sebagai guru. Anies juga tidak menyangka bahwa persahabatan yang dimulai dari ibu mereka dapat berlanjut pada anaknya, terutama berjalan bersama di Pilkada. 

Terakhir, mengenai komentarnya terhadap Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), Anies mengatakan bahwa dirinya adalah sosok yang cerdas dan telah memiliki prestasi sejak SMA 

“Ketika Taruna, seorang anak potensial yang pada masa itu ayahnya masih menjadi komandan korem, belum seorang pejabat tinggi” Ujar Anies. 

Anies menjelaskan bahwa AHY juga berasal dari keluarga pejuang. Anies menyebutkan sang kakek AHY yakni komandan RPKAD kolonel Sarwo Edhi Wibowo. Anies mengaku hormat sekali pada keluarga AHY.

Anies kemudian lanjut menjelaskan, bahwa AHY seperti generasi ketiga yang muncul sebagai figur muda yang memiliki pengalaman militer dan politik saat ini. Anies bersyukur bahwa dirinya dekat dengan figur-figur ini dan berkesempatan untuk belajar dari semua. 

Ketika ditanya Merry apakah AHY menjadi sosok yang cocok dengan dirinya untuk melangkah bersama sebagai cawapres 2024, Anies menjawab bahwa semua ada waktunya. 

“Semua ada waktunya. Kita jalani satu-satu” jawab Anies. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper