Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Airlangga Cs Bahas Nasib KIB Malam Ini, Bertahan atau Bubar Jalan?

Airlangga Hartarto memastikan akan menggelar pertemuan dengan Koalisi Indonesia Bersatu malam ini.
Ridwan Kamil resmi menjadi kader Partai Golkar / BISNIS - Surya Dua Artha
Ridwan Kamil resmi menjadi kader Partai Golkar / BISNIS - Surya Dua Artha

Bisnis.com, JAKARTA – Ketua Umum Partai Golongan Karya (Ketum Golkar) Airlangga Hartarto memastikan akan menggelar pertemuan dengan Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) pada malam ini.

Hal ini dikonfirmasinya saat ditemui di Kompleks Istana Kepresidenan usai mengikuti rapat terbatas (ratas) terkait dengan Pupuk Organik, Kamis (27/4/2023).

“Iya, nanti malam akan ada pertemuan [KIB] jam setengah 9,” ujarnya, Kamis (27/4/2023).

Lebih lanjut, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian itu memerinci beberapa tokoh yang akan hadir, salah satunya Plt Ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Muhamad Mardiono. Kemudian, dia juga memastikan bahwa Ketum Gerindra Prabowo Subianto akan absen dalam pertemuan tersebut.

“Enggak Pak Prabowo tidak ikut. [Kalau PPP] ikut ikut. Pak Mardiono akan hadir,” katanya.

Meski begitu, dia menegaskan bahwa meskipun Prabowo tak menghadiri pertemuan, tetapi hingga saat ini hubungan Golkar dengan Gerindra masih dalam taraf baik.

“[Hubungan Gerindra-Golkar] kedekatannya baik-baik saja,” ucapnya.

Airlangga juga menegaskan bahwa KIB akan melakukan pertemuan lanjutan dalam waktu dekat. "Ya, mungkin minggu-minggu depan,” imbuhnya.

Tak hanya itu, Airlangga juga angkat bicara mengenai PPP yang telah mendeklarasikan Ganjar Pranowo sebagai calon presiden (capres) di pemilihan presiden (pilpres) 2024.

Menurutnya, hal tersebut merupakan hak dari parpol berlogo ka’bah itu. Namun, ditegaskannya bahwa Golkar pun masih memiliki sikap tetap pada putusan hasil musyawarah nasional (Munas) untuk mengusung Ketum Golkar Airlangga Hartarto sebagai calon presiden.

“PPP kan baru memutuskan. Kalau Golkar udah lama melalui munas,” ucapnya.

Selanjutnya, Airlangga berkelakar bahwa pertemuan KIB pada malam ini juga mengartikan bahwa koalisai dari Partai Golkar, PAN, dan PPP itu belum memiliki sinyal untuk membubarkan diri.

“Ya, karena nanti ketemu berarti kan tidak bubar, hahaha,” canda Airlangga.

Zulhas Angkat Bicara

Dalam kesempatan terpisah, Ketua Umum Partai Amanat Nasional Zulkifli Hasan mengonfirmasi akan ada pertemuan dengan Ketua Umum Partai Golongan Karya Airlangga Hartarto dan Pelaksana Tugas Ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan Muhammad Mardiono di kediaman Airlangga di Jakarta, Kamis (27/4/2023).

"Jadi nanti malam saya ketemuan KIB (Koalisi Indonesia Bersatu) dengan Pak Airlangga, sudah dirancang sebelum Lebaran," ujarnya di kompleks Istana Kepresidenan, Kamis (27/4/2023).

Tak hanya itu, dia menyebutkan bahwa pihaknya tetap menghormati keputusan PPP yang telah mendeklarasikan Ganjar Ganjar Pranowo sebagai capres di Pilpres 2024.

"Tentu apa pun keputusan partai kita hormati. Kan, partai itu masing-masing independen," katanya.

Kendati demikian, saat ditanyakan apakah PAN juga akan mengusung Ganjar, Zulhas mengatakan hal itu diputuskan setelah bertemu dengan anggota KIB lainnya.

"Ya, ketemu-ketemu dulu. Nanti, kan, dengan KIB. Mudah-mudahan waktu dekat juga partai pendukung pemerintah kumpul gitu, ya. Ya, ngomong-ngomong, ngopi bareng," jawabnya.

Sementara itu, Zulhas juga memilih irit bicara terkait dengan spekulasi KIB akan bubar setelah PPP mengusung Ganjar.

"Nanti, kan, kita ketemu," pungkas Zulhas.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Akbar Evandio
Editor : Edi Suwiknyo
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper