Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Salat Idulfitri, Masjid Istiqlal Sediakan Lift dan Tempat Wudu Khusus Difabel

Jelang Salat Idulfitri, Masjid Istiqlal melalui serangkaian persiapan, mengoptimalkan fungsi lift untuk kaum difabel.
Masjid Istiqlal/wikipedia
Masjid Istiqlal/wikipedia

Bisnis.com, JAKARTA – Jelang pelaksanaan Salat Idulfitri pada Sabtu, 22 April 2023, Masjid Istiqlal melalui serangkaian persiapan, mengoptimalkan fungsi lift dan tempat wudu khusus difabel.  

Kabag Umum dan SDM Masjid Istiqlal Ismail Cawidu menuturkan pengoptimalan fungsi fasilitas untuk difabel ini termasuk ke dalam pelayanan Masjid Istiqlal untuk jemaah salat Idulfitri tahun ini. 

“Pelayanan untuk jemaah dalam pelaksanaan nanti termasuk untuk jemaah difabel kami menyiapkan di khusus dan tempat wudu khusus,” kata Ismail kepada Bisnis pada Kamis (20/4/2023). 

Tempat wudu khusus difabel terletak di dekat pintu utama Al Fattah, sedangkan lift khusus difabel terletak di antara pintu Al Fattah dan Al Quddus. Fasilitas khusus difabel ini dibangun pada saat Masjid Istiqlal direnovasi pada Mei 2019 dan rampung setahun berikutnya, pada Mei 2020.

Lebih lanjut Ismail menjelaskan, pada saat pelaksanaan Salat Idulfitri nanti, pihaknya mengerahkan sebanyak 70 personel keamanan internal Masjid Istiqlal dibantu oleh pasukan pengaman dari aparat penegak hukum dan Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres). 

“Ada 70 orang dari Masjid Istiqlal ditambah dengan bantuan pengamanan dari Polres Sawah Besar dan Kodim setempat, juga Paspampres,” tambahnya.

Pasukan pengamanan dari berbagai pihak tersebut nantinya akan berjaga di berbagai sudut Masjid Istiqlal termasuk di posko pengamanan. 

Sementara terkait dengan pelayanan kesehatan, Ismail menyebut pihaknya juga menyediakan posko kesehatan. 

“Lalu posko pengamanan masalah kesehatan kalau ada jemaah yang memerlukan, kami siap 24 jam,” tutur Ismail. 

Hal ini belum termasuk pasukan dari pemadam kebakaran yang akan berjaga di sekitar area Masjid Istiqlal selama pelaksanaan gema takbir serta Salat Idulfitri di Masjid Istiqlal berlangsung. 

Sebagai informasi, Masjid Istiqlal akan menyelenggarakan Salat Idulfitri pada Sabtu, 22 April 2023 sesuai dengan hasil sidang isbat penentuan 1 Syawal yang digelar oleh Kementerian Agama pada hari ini, Kamis (20/4/2023).

Dalam pelaksanaan salat Idulfitri di Masjid Istiqlal ini, Wakil Presiden Ma’ruf Amin dipastikan akan hadir mengikuti rangkaian pelaksanaan salat Idulfitri dengan 200.000 jemaah yang diperkirakan akan memadati seluruh area Masjid Istiqlal.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Widya Islamiati
Editor : Nancy Junita
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper