Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Salat Idulfitri, 200 Ribu Jemaah akan Padati Masjid Istiqlal

Diperkirakan 200 ribu jemaah Salat Idulfitri di Masjid Istiqlal pada Sabtu 22 April 2023.
Pintu Assalam Masjid Istiqlal. JIBI/Bisnis-Widya Islamiati
Pintu Assalam Masjid Istiqlal. JIBI/Bisnis-Widya Islamiati

Bisnis.com, JAKARTA – Pemerintah telah menetapkan 1 Syawal 1444 H jatuh pada hari Sabtu, 22 April 2023. Diperkirakan 200 ribu jemaah Salat Idulfitri di Masjid Istiqlal.

Kabag Umum dan SDM Masjid Istiqlal Ismail Cawidu menuturkan sebanyak 200.000 jemaah tersebut belum termasuk dengan jemaah yang mengikuti pelaksanaan salat Idulfitri di luar area Masjid Istiqlal.

“Perkiraan ada 200.000 jemaah yang akan hadir,” kata Ismail kepada Bisnis pada Kamis (20/4/2023). 

Sebanyak 200.000 jemaah tersebut akan memenuhi seluruh selasar tempat ibadah di lantai 2 atau lantai utama Masjid Istiqlal, serta di samping kanan dan kiri lantai 5. Namun, jika ditambah dengan area di luar Masjid Istiqlal, jumlahnya akan lebih banyak.

“Sebanyak 200.000 tadi belum termasuk jemaah di luar pekarangan Masjid Istiqlal ya, misalnya di gedung-mendung Pertamina dan sekitarnya,” tambah Ismail.

Menurutnya, gedung-gedung di samping Masjid Istiqlal seperti gedung Pertamina yang berada di seberang pintu Al-Ghaffar juga kerap kali menjadi sasaran jemaah yang tidak mendapat tempat salat di area Masjid Istiqlal. 

Lebih lanjut Ismail menjelaskan mengenai pelaksanaan salat Idul Fitri di Masjid Istiqlal yang akan dipandu oleh Ahmad Muzakkir Abdurrahman, LC yang merupakan imam tetap Masjid Istiqlal dengan muadzin atau bilal dari pihak Masjid Istiqlal.

Sementara, untuk penceramah atau khatib dalam salat Idulfitri, pihaknya akan mendatangkan Rektor Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta Prof Asep Saepudin Jahar. 

“Yang akan bertindak sebagai khatib pada pelaksanaan salat Idulfitri tersebut adalah Profesor DR Asep Saepudin Rektor UIN Jakarta, dan imamnya Ahmad Muzakkir Abdurrahman, LC,” pungkasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Widya Islamiati
Editor : Nancy Junita
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper