Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Tok! Pemerintah Tetapkan Lebaran Sabtu 22 April

Pemerintah resmi menetapkan 1 Syawal 1444 Hijriah pada 22 April 2023.
Bulan sabit tanda bulan baru/Flickr
Bulan sabit tanda bulan baru/Flickr

Bisnis.com, JAKARTA - Pemerintah resmi menetapkan hari raya Idulfitri 1 Syawal 1444 Hijriah jatuh pada hari 22 April 2023.

Keputusan itu diambil berdasarkan hasil sidang isbat yang digelar di Kementerian Agama (Kemenag).

Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas menyampaikan dalam melaksanakan sidang Isbat, Kemenag selalu menggunakan dua metode yakni hisab yakni dengan cara perhitungan dan rukyat atau melihat langsung keberadaan hilal.

"Dengan dua hal tersebut yakni hisab posisi hilal seluruh Indonesia sudah di atas ufuk serta laporan hilal yang sudah terlihat, secara mufakat tadi sidang isbat menetapkan bahwa 1 Syawal 1443 Hijriah jatuh pada hari Sabtu 22 April.,"ujar Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas, Kamis (20/5/2022).

Kementerian Agama (Kemenag) akan menggelar sidang Isbat untuk menentukan jatuhnya 1 Syawal 1444 H pada Kamis, 20 April 2023.

Sidang Isbat itu berlangsung sehari sebelum Muhammadiyah merayakan Hari Raya Idulfitri pada tanggal Jumat 21 April 2023.

Direktur Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam, Kementerian Agama, Kamaruddin Amin mengatakan bahwa sidang isbat akan berlangsung secara tertutup.

Adapun sidang isbat akan diawali dengan Seminar Pemaparan Posisi Hilal yang disampaikan Tim Hisab Rukyat Kemenag dan akan diikuti oleh Komisi VIII DPR RI, pimpinan MUI, duta besar negara sahabat, serta perwakilan ormas Islam.

"Sebagaimana biasa, sidang Isbat awal Syawal selalu dilaksanakan pada 29 Ramadan. Tahun ini, bertepatan dengan 20 April 2023," ungkap Kamaruddin, dilansir dari laman resmi Kemenag, Jumat (14/4/2023).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dany Saputra
Editor : Edi Suwiknyo
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper