Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Contoh Ceramah Ramadan dan 5 Tips Berceramah Paling Menarik

Ketika bulan Ramadan kita akan lebih sering mendengarkan ceramah keagamaan. Berikut ini contoh ceramah Ramadan yang bisa menjadi inspirasi untuk Anda.
Contoh Ceramah Ramadan dan 5 Tips Berceramah Paling Menarik - Freepik
Contoh Ceramah Ramadan dan 5 Tips Berceramah Paling Menarik - Freepik

Bisnis.com, JAKARTA - Ketika bulan Ramadan, kita dianjurkan untuk memperbanyak melakukan aktivitas yang bernilai ibadah.

Salah satunya dengan menyebarkan pesan-pesan agama lewat ceramah.

Apabila Anda mendapatkan kesempatan untuk menyampaikan ceramah di bulan Puasa, contoh ceramah Ramadan berikut ini mungkin bisa menjadi referensi untuk Anda. 

Tata Cara Menyampaikan Ceramah

Ceramah bulan Ramadan biasanya disampaikan menjelang buka puasa, setelah salat tarawih, atau setelah salat subuh. Tentu saja tema yang disampaikan pada ceramah ini juga berkaitan dengan bulan Ramadan dan ajakan kebaikan. 

Hal ini bisa menambah wawasan untuk jamaah terutama dalam bidang agama agar senantiasa dapat mendekatkan diri pada Allah SWT. Selain memperhatikan isi ceramah, dalam menyampaikan pesan-pesan keagamaan, sebaiknya Anda menyusunnya dalam bentuk yang terstruktur. 

Adapun tata cara menyampaikan ceramah saat bulan Ramadan agar terstruktur, seperti berikut. 

1. Ucapkan salam

Sebelum menyampaikan ceramah tentu Anda harus mengucapkan salam terlebih dahulu. Sampaikan salam untuk mengawali pembicaraan.

Biasanya dalam ceramah agama Islam ada juga perlu menyampaikan Muqaddimah atau pembukaan singkat untuk dapat membuka ceramah yang akan disampaikan. Muqaddimah ini juga bisa membantu Anda untuk menarik perhatian dari jamaah agar bisa mendengarkan ceramah yang disampaikan dengan baik.

2. Pengenalan isu

Setelah itu, terangkan gambaran umum terkait materi yang akan disampaikan pada jamaah. Pengenalan isu ini juga bisa membantu untuk meruntutkan materi pada rangkaian isi ceramah. 

3. Rangkaian isi ceramah

Setelah menyampaikan gambaran umumnya, Anda dapat menyampaikan rangkaian isi atau argumen dalam ceramah tersebut. Pada bagian ini, Anda juga perlu menyampaikan hadits atau perintah Allah SWT yang tertuang dalam Al-Quran. 

4. Penegasan kembali

Sampaikan kembali penegasan di bagian akhir ceramah. Penegasan Ini bisa juga ditambahkan dengan nasehat di bagian akhir sekaligus menyampaikan intisari dari ceramah yang sudah disampaikan.

5. Penutup 

Penutup ini bisa disampaikan dengan singkat sehingga jamaah tidak bosan dengan pesan yang Anda sampaikan. Jangan lupa untuk mengucapkan salam di akhir. 

Contoh Ceramah Ramadan Singkat 

Setelah mengetahui tata cara penyampaian ceramah yang baik, berikut ini contoh ceramah Ramadhan yang bisa menjadi inspirasi untuk Anda. 

Assalamualaikum Wr. Wb

Puji syukur mari kita panjatkan kehadirat Allah SWT yang telah memberikan rahmat serta karunia-Nya sehingga kita bisa berkumpul dan melaksanakan salat tarawih bersama dalam kondisi sehat. Pada kesempatan ini saya ingin memberikan ceramah dengan tema mengenai keikhlasan.

Rasulullah SAW bersabda, “Allah tidak menerima amal kecuali apabila dilaksanakan dengan ikhlas untuk mencari ridho Allah Swt. semata”.

Meskipun keringat dingin, tenaga, dan pikiran terkuras, saat kita tidak ikhlas dalam menjalankannya maka semua akan sia-sia. Oleh karena itu, sangat rugi bagi mereka yang menghabiskan uang untuk sedekah, tetapi hanya ingin disebut seorang dermawan. 

Jadi mulai saat ini, mari kita sama-sama membangun keikhlasan untuk dapat beramal ibadah serta beramal saleh dan melakukan kegiatan lainnya tanpa pamrih. 

Demikian ceramah yang bisa saya sampaikan pada kesempatan ini. Semoga jamaah dapat mengambil makna apa yang saya sampaikan dan dapat diterapkan sehari-hari. Saya akhiri 

Wassalamualaikum wr.wb.

Itulah tata cara yang harus dilakukan dalam menyampaikan ceramah ramadhan yang bisa Anda pelajari. Selain memperhatikan beberapa hal di atas, Anda juga perlu pandai membaca suasana. Bangunlah suasana yang menyenangkan saat menyampaikan pesan keagamaan agar jamaah yang mendengarkan bisa memahami isi ceramah tersebut dengan baik. 

Sesekali Anda juga bisa menyelipkan gurauan atau candaan yang membuat suasana lebih menyenangkan. Itulah contoh ceramah ramadan singkat yang bisa kamu coba.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Nuraini
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper