Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Bacaan Niat Wudhu dan Doa Sesudah Wudhu serta Tata Caranya

Wudhu merupakan salah satu syarat sah sholat. Berikut ini adalah tata cara wudhu lengkap dengan niat wudhu dan doa sesudah wudhu
Simak, Ini Niat Wudhu dan Tata Caranya (pixabay)
Simak, Ini Niat Wudhu dan Tata Caranya (pixabay)

Bisnis.com, JAKARTA - Wudhu termasuk syarat sah sholat. Apabila wudhunya tidak sah, maka sholatnya menjadi tidak sah. Ada hal-hal yang harus diperhatikan ketika berwudhu, seperti niat wudhu, bacaan wudhu, dan urutan wudhu yang harus diterapkan.

Pada kesempatan kali ini, kita akan mengulas seputar tata cara wudhu yang benar. Simak penjelasan lengkapnya berikut ini. 

Doa Sebelum Wudhu

Sebelum membaca niat wudhu, hendaknya membaca doa sebelum wudhu. Cukup dengan membaca basmallah atau bismillahirrahmanirrahim. Setelah itu, urutan wudhu bisa dimulai. 

Tata Cara Wudhu Yang Benar

Wudhu merupakan salah satu cara untuk menyucikan diri sebelum ibadah. Adapun cara wudhu yang benar, lengkap dengan niatnya. 

  • Niat wudhu

Segala sesuatu harus diawali dengan niat. Dalam berwudhu, niat hukumnya fardhu atau wajib. Berikut ini doa niat wudhu yang perlu diamalkan. 

نَوَيْتُ الْوُضُوْءَ لِرَفْعِ الْحَدَثِ الْاَصْغَرِ فَرْضًا للَِّهِ تَعَالَى

Nawaitul wudhu’a lirof’il hadatsil ashghori fardhol lillahi ta’aala

Artinya :

Dengan menyebut nama Allah yang Maha Pengasih dan Maha Penyayang. Aku bersaksi bahwa tiada Tuhan selain Allah, tidak ada sekutu bagi-Nya, dan aku bersaksi bahwa Nabi Muhammad adalah utusan Allah SWT

  • Membasuh wajah

Batas ajah adalah yang terbentang di antara kedua telinga dan memanjang antara tempat tumbuhnya rambut kepala hingga bawah dagu. Maka dari itu, saat berwudhu bagian tersebut harus dibasuh dengan merata. 

  • Membasuh kedua tangan sampai siku

Urutan wudhu yang ketiga yakni membasuh kedua tangan. Bagian tangan tangan dibasuh mulai dari ujung kuku, sela-sela jari sampai dengan siku. Ketika berwudhu, kotoran tinta dan cat yang berada di kulit tangan harus dihilangkan terlebih dahulu agar tidak menghalangi air wudhu menyentuh kulit. 

  • Mengusap sebagian kepala

Setelah itu, gerakan wudhu dilanjutkan dengan membasuh sebagian kepala. Boleh juga hanya dengan membasuhnya saja atau menempelkan tangan yang telah basah dengan air ke atas kepala tanpa menggerakkan tangan. 

  • Membasuh kedua kaki sampai mata kaki

Tata cara wudhu berikutnya, bersihkan kaki dengan cara membasuh kedua kaki sampai ke mata kaki. Jangan lupa untuk membersihkan sela-sela jari kaki dengan air yang mengalir. 

  • Tertib

Semua urutan wudhu harus dilakukan secara berurutan tidak boleh di lompat-lompat. Jika tidak urut, maka wudhu dianggap tidak sah. 

Doa Sesudah Wudhu

Setelah melakukan urutan wudhu dengan benar, hendaknya membaca doa sesudah wudhu. Di dibaca sembari menghadap kiblat dan menengadahkan tangan. Tidak masalah apabila doa sesudah wudhu ini dibaca sambil berdiri. Berikut ini doa setelah wudhu. Adapun bacaan setelah wudhu, seperti berikut:

اَشْهَدُ اَنْ لآّاِلَهَ اِلاَّاللهُ وَحْدَهُ لاَشَرِيْكَ لَهُ وَاَشْهَدُ اَنَّ مُحَمَّدًاعَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ. اَللهُمَّ اجْعَلْنِىْ مِنَ التَّوَّابِيْنَ وَاجْعَلْنِىْ مِنَ الْمُتَطَهِّرِيْنَ

Asyhadu alla ilaaha illallohu wahdahuu laa syariika lahu wa asyhadu anna muhammadan ‘abduhuuwa rosuuluhuu, alloohummaj’alnii minat tawwaabiina waj’alnii minal mutatohhiriina. Subhanakallohumma wa bi hamdika asyhadu an la ilaha illa anta astaghfiruka wa atubu ilayk.

Artinya :

Aku mengaku bahwa tiada Tuhan kecuali Allah yang Maha Esa, tidak ada sekutu bagi-Nya, dan aku mengaku bahwa Nabi Muhammad adalah utusan Allah. Ya Allah, jadikanlah aku golongan orang-orang yang bertaubat dan jadikanlah aku golongan orang-orang yang bersuci (sholeh).

Itulah penjelasan seputar cara wudhu yang benar lengkap dengan doanya. Selain memperhatikan tata cara wudhu, Anda juga perlu memperhatikan air yang digunakan untuk berwudhu. 

Pastikan menggunakan air yang suci dan mensucikan. Lakukan wudhu dengan benar agar wudhu dan ibadah yang dilakukan setelahnya sah. 

Itulah tata cara wudhu yang benar lengkap dengan bacaan niat wudhu dan doa sesudah wudhu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Nuraini
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper