Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Israel Larang Non-Muslim Kunjungi Masjid Al-Aqsa hingga Ramadan Berakhir, Ini Alasannya

Pemerintah Israel telah melarang non-muslim untuk mengunjungi masjid Al-Aqsa hingga lebaran berakhir.
Masjid Al-AQSA - Reuters
Masjid Al-AQSA - Reuters

Bisnis.com, SOLO - Pemerintah Israel telah melarang non-muslim untuk mengunjungi masjid Al-Aqsa hingga Ramadan berakhir.

Dilansir dari Al Arabiya, pengunjung dan turis Yahudi akan dilarang berada di kompleks Masjid al-Aqsa di Yerusalem sampai akhir bulan suci Ramadan 2023.

Pengumuman ini datang langsung dari kantor Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu pada Selasa, 11 April 2023 waktu setempat.

Alasannya satu, yakni demi menjaga perdamaian yang keutuhan dari kompleks Masjid Al-Aqsa itu sendiri.

Seperti diketahui, belum lama ini terjadi insiden serangan polisi Israel di dekat lokasi tersebut. Insiden ini ternyata memicu serangan roket ke Israel dari Gaza, Lebanon dan Suriah.

Akibat serangan ini, Israel kembali meluncurkan serangan yang membuat keempat wilayah tersebut justru saling serang.

Untuk mengatasi hal-hal yang tidak diinginkan, pemerintah Israel akan memberlakukan sebuah kebijakan, terutama selama Ramadan.

Pada tahun-tahun sebelumnya Israel telah melarang kunjungan Yahudi ke kompleks tersebut dalam 10 hari terakhir Ramadan. Kebijakan ini akan kembali dilaksanakan tahun ini.

Sebagai informasi, kunjungan orang Yahudi ke kompleks masjid Al-Aqsa pada 10 hari terakhir bulan Ramadan sebenarnya telah melanggar kesepakatan lama.

Namun ada kemungkinan, kebijakan pemerintah ini ditanggapi sinis oleh beberapa orang.

Misalnya saja dari pemukim radikal Israel yang dimpimpin oleh Itamar Ben-Gvir. Secara tegas, Ben-Gvir mengecam larangan tersebut.

“Ketika terorisme menyerang kita, kita harus menyerang balik dengan kekuatan besar, tidak menyerah pada keinginannya,” papar dia.

Ben-Gvir sendiri memang seorang fanatik agama yang terkenal dengan catatan kriminal. Ia dianggap bersalah karena mendukung terorisme dan hasutan rasisme di wilayah tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper