Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Dokumen Derpartemen Pertahanan AS Bocor, Ungkap Peran Israel dalam Perang Rusia vs Ukraina

Beberapa dokumen rahasia dari Departemen Pertahanan AS bocor ke media. Salah satunya mengungkap peran Israel dalam perang Rusia vs Ukraina.
Ilustrasi peran Israel dalam perang Rusia vs Ukraina. REUTERS/Violeta Santos Moura
Ilustrasi peran Israel dalam perang Rusia vs Ukraina. REUTERS/Violeta Santos Moura

Bisnis.com, SOLO - Beberapa dokumen rahasia dari Departemen Pertahanan AS bocor ke media. Salah satunya mengungkap peran Israel dalam perang Rusia vs Ukraina.

Belakangan sedang viral munculnya lusinan dokumen rahasia AS yang kebanyakan berisi tentang infomasi perang Rusia vs Ukraina.

Dokumen tersebut pertama kali muncul online pada bulan Maret, dan seorang pejabat senior AS mengatakan pada hari Sabtu bahwa dokumen tersebut nyata, meskipun beberapa di antaranya dapat diubah.

Penyebab dari kebocoran data itu masih belum jelas, tetapi NBC menilai itu bisa menjadi pelanggaran rahasia intelijen AS yang paling serius sejak kontraktor Badan Keamanan Nasional, Edward Snowden, menyerahkan ribuan dokumen rahasia kepada wartawan tentang pengawasan elektronik AS pada 2013.

Dalam hal ini kasus, skala pengungkapannya jauh lebih kecil, melibatkan lusinan, bukan ribuan dokumen. 

Dalam dokumen yang bocor tersebut ada informasi tentang perang Israel terhadap perang yang terjadi antara Rusia dan Ukraina.

Sebuah dokumen tertanggal 28 Februari menilai jalan bagi Israel untuk memberikan “bantuan mematikan” ke Ukraina, memberikan situasi hipotetis yang mungkin mendorong Israel dari tindakan penyeimbangan antara Kyiv dan Moskow.

Ditandai "rahasia", dokumen itu juga menunjukkan senjata Israel apa yang dapat ditransfer ke Ukraina, seperti yang setara dengan Javelin Israel dan sistem rudal lainnya.

Analisis tersebut mengatakan skenario paling masuk akal adalah bahwa Yerusalem mengadopsi model Turki di bawah tekanan AS.

Seperti Ankara, itu berarti bahwa Israel menjual sistem pertahanan yang mematikan atau menyediakannya melalui entitas pihak ketiga sambil secara terbuka mengadvokasi perdamaian dan menawarkan untuk menjadi tuan rumah upaya mediasi.

Skenario alternatif mempertimbangkan bagaimana dukungan Moskow terhadap program militer Iran atau upaya proksi di Suriah dapat mendorong Israel untuk memberikan “bantuan mematikan” kepada Ukraina.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper