Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ketika Anas Urbaningrum Bicara Demokrasi dan Jebakan Skenario Politik

Anas Urbaningrum resmi bebas dari penjara pada hari ini, Selasa (11/4/2023), setelah mendapat hukuman 9 tahun akibat kasus korupsi proyek Hambalang.
Anas Urbaningrum (Tengah)/Bisnis
Anas Urbaningrum (Tengah)/Bisnis

Bisnis.com, SOLO - Mantan Ketua Umum Partai Demokrat Anas Urbaningrum resmi bebas setelah menjalani hukuman penjara di Lapas Kelas I Sukamiskin atas kasus korupsi yang menyangkut proyek Pusat Pendidikan Pelatihan dan Sekolah Olah Raga Nasional (P3SON) di Hambalang.

Resmi keluar, Anas langsung disambut oleh sejumlah tokoh di antaranya Anggota DPR RI Fraksi Nasdem Saan Mustopa, Anggota DPR Fraksi PDIP Rifqi Karsayuda. Selain itu, ada sahabatnya yang juga Ketua Umum Partai Kebangkitan Nusantara (PKN) I Gede Pasek Suardika.

Ia pun memberikan sedikit pidato dan berbicara soal demokrasi di depan para simpatisannya.

"Kepada para aktivis, dalam tradisinya, pertandingan dan kompetisi itu hal yang biasa. Tetapi buat saya pertandingan dalam konteks demokrasi itu adalah pertandingan yang jujur terbuka dan objektif," kata Anas pada Selasa (11/4/2023).

Menurutnya selepas keluar dari penjara, ia tak ingin membuat permusuhan karena ia ingin menegakkan keadilan dan perjuangan.

"Saya tidak ada kamus pertentangan, permusuhan. Kamus saya adalah perjuangan keadilan. Andai dalam perjuangan dan keadilan itu ada yang merasa bermusuhan saya mohon maaf karena itu adalah konsekuensi penegakan keadilan," imbuhnya.

Di sisi lain, ia juga menyampaikan permohonan maaf kepada semua pihak yang berniat untuk membuatnya terpuruk dari dunia politik.

"Selain terima kasih, saya ingin menyampaikan permohonan maaf. Pertama, mohon maaf kalau ada yang berpikir saya di tempat ini mati membusuk, kalau ada yang berpikir saya di tempat ini menjadi bangkai fisik dan bangkai sosial, minta maaf bahwa itu alhamdulillah tidak terjadi,"

Ia pun bersyukur selama masa tahanannya, ia selalu mendapatkan dukungan dari keluarganya, teman, sahabat. Sehingga ia masih bisa bertahan bahkan ia mengklaim dia keluar dari tempat yang ia anggap "sekolah" Ini degan sadar, dengan sehat dan waras.

Terakhir, ia turut menyindir pihak yang sudah melakukan skenario besar dengan memasukkan dirinya ke penjara untuk membunuh karir politiknya.  

"Skenario boleh besar, boleh hebat tetapi sehabat apapun, sekuat apapun, serinci apapun skenario manusia tidak akan mampu mengalahkan skenario Tuhan," jelasnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper