Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Niat Zakat Fitrah untuk Diri Sendiri, Keluarga, dan Orang Lain

Berikut bacaan niat zakat fitrah untuk diri sendiri, suami/istri, orang tua, anak, maupun orang lain yang diwakili.
Bacaan niat zakat fitrah/Freepik
Bacaan niat zakat fitrah/Freepik

Bisnis.com, SOLO - Pada bulan Ramadan, umat muslim wajib mengeluarkan zakat fitrah yang berupa memberikan harta di jalan Allah SWT.

Membayar zakat adalah salah satu hal yang diwajibkan untuk umat muslim selama bulan Ramadan. Zakat juga termasuk ke dalam rukun islam.

Menurut pengertiannya, zakat fitrah merupakan kewajiban yang ditetapkan bagi setiap orang kaum muslim, baik dewasa maupun anak-anak.

Dilansir dari buku Fiqih Praktis tulisan Muhammad Bagir, zakat fitrah wajib diberikan oleh orang yang memiliki persediaan makanan pokok melebihi keperluan dirinya sendiri dan keluarganya selama satu hari satu malam, di luar keperluannya akan tempat tinggal, perabotan, pelayan, dan sebagainya.

Setelah memenuhi syarat itu, seorang muslim harus menunaikan zakat fitrah untuk dirinya, setiap anggota keluarga yang ada dalam tanggung jawabnya, serta yang lainnya.

Zakat fitrah bisa diberikan selama bulan Ramadan. Namun para ahli fikih menyepakati bahwa zakat fitrah lebih baik dibayarkan pada akhir bulan Ramadan.

Sebagian ulama beranggapan bahwa zakat fitrah lebih utama ditunaikan ketika tenggelamnya matahari pada malam Hari Raya Idulfitri, lantaran menjadi penghabisan dari bulan Ramadan.

Namun ada pula yang beranggapan bahwa zakat fitrah lebih afdhal dikeluarkan saat terbitnya fajar pada Hari Raya Idulfitri.

Sebelum menunaikan zakat fitrah, seorang muslim wajib membaca niat. Niat zakat fitrah bisa dibaca untuk diri sendiri, suami/istri, orang tua, ataupun orang yang diwakili.

Berikut bacaan niat zakat fitrah:

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Halaman
  1. 1
  2. 2
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper