Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

PDIP Pasang Badan Buat Ganjar Hingga Tak Takut Elektabilitas Jeblok

PDIP tetap memuji sikap Ganjar dan Koster yang berani menolak tim Israel main di Indonesia.
Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto saat berbicara di Kampus Universitas Hasanuddin, Makassar, Kamis (28/7/2022)./Istimewa
Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto saat berbicara di Kampus Universitas Hasanuddin, Makassar, Kamis (28/7/2022)./Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA -- PDI Perjuangan (PDIP) pasang badan terhadap sikap Ganjar Pranowo dan I Wayan Koster yang menolak tim nasional Israel bermain di Indonesia.

Sebagai informasi, Federasi sepak bola dunia, FIFA, resmi membatalkan Indonesia jadi tuan rumah pagelaran ajang Piala Dunia U-20. Kejadian ini diyakini akibat penolakan sejumlah politisi dan partai politik atas keikutsertaan Israel.

Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto mengatakan Ganjar dan Koster berani melawan arus, meski sikap mereka tak populer. Ganjar dan Koster, lanjutnya, berani mengedepankan kemanusiaan dibanding kepentingan politiknya.

"Meskipun ini sangat berat dan menentang arus tetapi kami bisa memahami sikap daripada Bapak Coster dan Bapak Ganjar Pranowo tersebut, berdiri kokoh diatas nilai-nilai kemanusiaan, di atas nilai-nilai di dalam membangun persaudaraan bangsa itu," jelas Hasto saat memberi keterangan pers di Stadion GBK, Jakarta Pusat, Kamis (30/3/2023).

Dia mengatakan sikap Ganjar dan Koster sejalan dengan sikap PDIP. Hasto pun berharap masyarakat bisa memahami kemanusiaan yang diperjuangkan PDIP.

"Suara kemanusiaan kami harapkan didengarkan, di tengah berbagai kekecewaan," ujarnya.

Tak Takut Elektabilitas Jeblok

PDIP juga mengatakan siap menghadapi konsekuensi penurunan elektabilitas akibat sikapnya yang menolak timnas Israel bertanding di Indonesia. Penolakan Israel itu diyakini membuat FIFA membatalkan Indonesia menjadi tuan rumah pagelaran ajang Piala Dunia U-20.

Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto mengatakan pihaknya akan selalu konsisten terhadap Israel, apalagi jika negara itu tetap mengganggu kedaulatan Palestina. PDIP, klaimnya, akan mengedepankan kemanusiaan meski berakibat penurunan elektabilitas.

"PDIP harus berdiri kokoh atas sikap terhadap Israel. Sikap itulah yang ditunjukkan oleh PDIP. Bahwa itu mengandung suatu konsekuensi atas sikap kader PDIP, ya itu harus kami terima," jelas Hasto di Kompleks Stadion GBK, Jakarta Pusat, Kamis (30/3/2023).

Dia mengatakan PDIP hanya ingin membangun persepsi kemanusiaan ke masyarakat. Terkait elektabilitas, Hasto tak terlalu peduli sebab akan selalu naik-turun.

"Dalam konteks dinamika elektoral itu kan naik dan turun. Adakalanya turun, adakalanya naik, dan kita tentu saja berusaha membangun presepsi kepada rakyat," ujarnya.

Hasto pun meyakini masyarakat akan memilih anggota DPR dan pemimpin yang punya sikap konsisten, seperti para kader PDIP yang disudah dilatih bergerak dengan keyakinan.

Dia mencontohkan sikap dua kepala daerah yang juga kader PDIP, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan Gubernur Bali I Wayan Koster, yang berani menolak Timnas Israel berlaga di Indonesia dalam ajang Piala Dunia U-20.

"Justru dengan kejadian ini rakyat akan melihat bahwa kader PDI Perjuangan kokoh berdiri pada sikapnya meskipun itu membawa konsekuensi terhadap elektoral," jelas Hasto.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper