Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Tegas! Mahfud Sebut Indonesia 'Tolak' Israel hingga Palestina Merdeka

Mahfud menyebut Pemerintah, PSSI, dan FIFA tengah mencari solusi terbaik terkait pembatalan drawing Piala Dunia U-20 buntut penolakan terhadap timnas Israel.
Mahfud Respons Pembatalan Drawing Piala Dunia U-20: Solusi Terbaik Sedang Dicari / FIFA
Mahfud Respons Pembatalan Drawing Piala Dunia U-20: Solusi Terbaik Sedang Dicari / FIFA

Bisnis.com, JAKARTA – Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD merespons pembatalan drawing Piala Dunia U-20 di Bali pada Jumat (31/3/2023) mendatang.

Menurutnya, saat ini semua pihak terkait, baik Pemerintah hingga pengurus Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI), tengah mencari jalan keluar terbaik bersama Federasi Sepak Bola Internasional (FIFA).

“Pokoknya prinsipnya Indonesia itu tidak punya hubungan diplomatik dengan Israel dan tidak akan pernah melakukan hubungan diplomatik dengan Israel selama Palestina belum merdeka. Itu adalah pernyataan Bung Karno di PBB dan Konferensi Asia Afrika dan Bung Karno membuat Ganefo sendiri karena melawan imperialisme, sebab bagi bung karno Israel itu imperialis,” katanya kepada wartawan, Senin (27/3/2023).

Mahfud menegaskan bahwa Indonesia menginginkan setiap Negara di dunia melihat olah raga tak hanya sebagai ajang yang merekatkan, tetapi juga agenda untuk saling menghargai prinsip setiap penyelenggaranya.

“Kami ingin di dunia internasional itu bergaul dengan baik dan melihat olahraga sebagai salah satu cara Indonesia masuk ke dunia internasional dengan baik. Oleh sebab itu, kami ada pandangan agar Indonesia tetap jaya dan sejahtera, maju dan tetap tidak akan mendukung Israel, tetapi akan mendukung kemerdekaan Palestina, dan tidak akan membuka hubungan diplomatik dengan Israel selama Palestina tidak diakui sebagai sebuah Negara. Nah langkah-langkah berikutnya tunggu saja,” pungkas Mahfud.

Aliran penolakan terhadap timnas Israel berlaga di Piala Dunia U-20 masih berlanjut dari sejumlah pihak, termasuk pejabat publik seperti Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo.

Ganjar mengatakan, sebagai kader PDI Perjuangan, dirinya memegang teguh amanat Bung Karno untuk terus mendukung kemerdekaan Palestina.

"Kita sudah tahu bagaimana komitmen Bung Karno terhadap Palestina, baik yang disuarakan dalam Konferensi Asia Afrika, Gerakan Non Blok, dan maupun dalam Conference of the New Emerging Forces. Jadi, ya kita ikut amanat beliau," katanya di Semarang (23/3/2023).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Akbar Evandio
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper