Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

"Kiamat" Masih Jauh, AS Yakin Rusia Belum Niat Pakai Senjata Nuklir

Pentagon menyatakan bahwa AS belum memiliki indikasi niatan Rusia untuk menggunakan senjata nuklir.
Bahaya radiasi nuklir pada kesehatan/livescience
Bahaya radiasi nuklir pada kesehatan/livescience

Bisnis.com, JAKARTA - Pentagon mengatakan bahwa pemerintah Amerika Serikat (AS) tidak memiliki informasi intelijen yang menunjukkan niatan Rusia untuk menggunakan senjata nuklir. 

Layanan pers Pentagon merilis pernyataan tersebut dalam rangka mengomentari keputusan Moskow yang mengerahkan senjata nuklir taktisnya di Belarusia atas permintaan Minsk, pada Sabtu (25/3/2023). 

“Kami telah melihat laporan pengumuman Rusia dan akan terus memantau situasi ini. Kami belum melihat alasan untuk menyesuaikan postur nuklir strategis kami atau indikasi apapun bahwa Rusia sedang bersiap untuk menggunakan senjata nuklir," katanya. 

Pada gilirannya, Gedung Putih mengeluarkan pernyataan tertulis serupa, bahwa tetap berkomitmen untuk pertahanan kolektif dari aliansi NATO. 

"Kami tetap berkomitmen untuk pertahanan kolektif dari aliansi NATO," lanjutnya, seperti dilansir dari TASS, Minggu (26/3/2023). 

Sejak awal operasi militer khusus Rusia di Ukraina, perwakilan tingkat tinggi dari pemerintahan AS telah mengulangi pernyataan itu, dan mengomentari keputusan tertentu dari otoritas Rusia terkait senjata nuklir.

Sebelumnya, Presiden Vladimir Putin mengatakan bahwa Rusia atas permintaan pihak Belarusia, akan mengerahkan senjata nuklir taktisnya di Belarusia.

Lalu menekankan bahwa AS juga telah menempatkan senjata nuklir di wilayah sekutu Eropanya selama beberapa dekade.

Putin menyatakan bahwa Rusia telah menyerahkan kepada Belarus sistem Iskander, yang dapat menjadi pembawa senjata nuklir.

Selain itu juga akan menyelesaikan pembangunan fasilitas penyimpanan senjata nuklir taktis di wilayah Belarus pada 1 Juli mendatang. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Erta Darwati
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper