Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

5 Berita Terpopuler: Hasil Sidang Isbat dan Untung-Rugi Buruh dari UU Cipta Kerja

Sidang Isbat dan UU Cipta Kerja menjadi topik terpopuler di Bisnis.com sepanjang hari kemarin.
Sesi pemaparan posisi hilal awal Ramadan 1440H secara hisab oleh Tim Falakiyah Kementerian Agama di Auditorium HM Rasjidi./@Kemenag_RI
Sesi pemaparan posisi hilal awal Ramadan 1440H secara hisab oleh Tim Falakiyah Kementerian Agama di Auditorium HM Rasjidi./@Kemenag_RI

Bisnis.com, JAKARTA - Sepanjang Rabu (22/3/2023), pembaca Bisnis.com mencermati hasil sidang isbat untuk mengetahui kapan Ramadan 2023 dimulai.

Sidang isbat memutuskan awal Ramadan berdasarkan perhitungan astronomis dan hasil pemantauan lapangan melalui mekanisme pemantauan (rukyatul) hilal.

Selain itu, pembaca juga mendalami hasil pengesahan Perppu Cipta Kerja menjadi Undang-Undang, terutama kepada pada pekerja.

Berikut daftar selengkapnya 5 berita terpopuler Bisnis.com sepanjang Rabu (22/3/2023):

1. Hasil Sidang Isbat 1 Ramadan 2023 Hari Ini, Simak Putusan Selengkapnya

Pemerintah melalui Kementerian Agama (Kemenag) hari ini, Rabu (22/3/2023) akan menggelar Sidang Isbat untuk menentukan awal 1 Ramadan 1444 H atau awal puasa Ramadhan 2023.

Menurut rencana Sidang Isbat digelar pukul 18.15 WIB di Kantor Kemenag, Jakarta Pusat. Sidang Isbat akan diikuti oleh pimpinan Majelis Ulama Indonesia (MUI), perwakilan Komisi VIII Dewan Perwakilan Rakyat (DPR), duta besar negara-negara luar negeri, hingga ormas Islam.

Sidang Isbat akan memutuskan awal Ramadan berdasarkan hasil perhitungan astronomis (hisab) dan hasil pemantauan lapangan melalui mekanisme pemantauan (rukyatul) hilal. Pada Sidang Isbat kali ini pemerintah menetapkan 124 titik lokasi rukyatul hilal di seluruh Indonesia.

2. Jadwal Imsakiyah dan Buka Puasa, Kamis 23 Maret 2023

Di hari pertama ramadan tahun ini, umat islam mulai melakukan ibadah puasa pasca pandemi yang sudah berkurang.

Selama puasa, umat muslim harus menahan lapar dan puasa sejak imsak hingga waktu berbuka puasa. Berikut jadwal imsak dan buka puasa pertama ramadan pada 23 Maret 2023 dan juga jadwal salat lengkap

3. Untung-Rugi Buruh jika UU Cipta Kerja Diberlakukan

DPR resmi mengesahkan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-undang No. 2/2022 tentang Cipta Kerja (Perppu Cipta Kerja) menjadi Undang-Undang (UU) pada rapat paripurna DPR ke-19 masa persidangan IV tahun sidang 2022-2023 pada Selasa (21/3/2023).

Pengesahan itu lantas menimbulkan pro dan kontra, terutama soal perbedaan pendapat antara pemerintah dan pihak buruh.

Di satu sisi, pemerintah mengklaim buruh akan banyak menerima banyak manfaat dari penerapan UU Cipta Kerja. Sebaliknya, pihak buruh menganggap banyak muatan dalam UU Cipta Kerja yang merugikan mereka.

4. Diserbu InDriver dan Maxim, GOTO Masih Kokoh?

Emiten teknologi PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk. (GOTO) mengaku tidak khawatir dalam menghadapi persaingan dengan pendatang baru di bidang ride hailing seperti In Driver dan Maxim.

Direktur Utama GOTO Andre Soelistyo mengatakan kedua pendatang baru tersebut cenderung lebih fokus kepada konsumen lapisan bawah, jika dibandingkan dengan GOTO.

"Layanan mereka sangat berbeda, karena layanan mereka tidak lengkap. Contohnya customer service dan perlindungan customer bukan bagian dari layanan mereka," ujar Andre dalam earning calls GOTO, dikutip Rabu (22/3/2023).

5. Awal Puasa 2023, PBNU Ikut Keputusan Sidang Isbat Kemenag

Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) buka suara soal penentuan awal puasa atau Ramadan 1444 Hijriah.

Ketua PBNU Bidang Keagamaan Ahmad Fahrurrozi mengatakan, penetapan awal puasa 2023 oleh NU akan mengikuti hasil Sidang Isbat Awal Ramadan 1444 H yang diselenggarakan oleh Kementerian Agama (Kemenag). Dia mengatakan, PBNU tidak akan secara pihak menetapkan awal Ramadan sebelum pemerintah melakukan Sidang Isbat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper