Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Xi Jinping : Rakyat Rusia Dukung Putin Tetap Berkuasa pada Pemilu 2024

Menurut Xi Jinping, Putin adalah sosok pemimpin yang kuat dan mampu memberikan suatu gebrakan dalam membangun negara lebih makmur. 
Presiden Rusia Vladimir Putin dan Presiden China  Xi Jinping pada bulan Februari. Bloomberg/Getty Images
Presiden Rusia Vladimir Putin dan Presiden China Xi Jinping pada bulan Februari. Bloomberg/Getty Images

Bisnis.com, JAKARTA - Presiden China Xi Jinping mengatakan bahwa rakyat Rusia akan tetap mendukung Vladimir Putin untuk kembali berkuasa pada Pemilu 2024.

Menurut Xi, Putin adalah sosok pemimpin yang kuat dan mampu memberikan suatu gebrakan dalam membangun negara lebih makmur. 

"Saya tahu Rusia akan mengadakan pemilihan presiden. Di bawah kepemimpinan Anda (Putin) yang kuat, Rusia telah membuat langkah besar dalam pembangunan yang makmur. Saya yakin bahwa rakyat Rusia akan terus memberikan dukungan penuh kepada Anda," tutur Xi saat bertemu dengan Putin sebagaimana dilansir dari Reuters pada Selasa (21/3/2023).

Kedua pemimpin negara bertemu untuk berdiskusi, adapun tujuan kedatangan China untuk mendorong kesepakatan damai guna mengakhiri perang Ukraina, beberapa minggu setelah Beijing berhasil menengahi pakta antara Iran dan Arab Saudi untuk mengakhiri persaingan mereka.

Xi dan Putin telah bertemu lebih dari 40 kali dalam 10 tahun terakhir untuk menjalin hubungan guna menentang tatanan dunia yang didominasi Amerika Serikat (AS).

Ajudan Kremlin Yury Ushakov mengatakan kunjungan ini akan menjadi kunjungan bisnis semata dan tidak akan ada hal-hal protokoler tambahan. Kunjungan ini hanya berfokus pada negosiasi.

Seperti diketahui, Presiden China Xi Jinping tiba di Moscow pada Senin (20/3/2023) sore waktu setempat dan disambut dengan cukup meriah oleh Rusia.

Xi Jinping tiba di Moskow dengan pesawat khusus untuk melakukan kunjungan kenegaraan ke Rusia atas undangan Presiden Vladimir Putin.

Saat melangkah keluar dari pesawat, Presiden Xi disambut dengan hangat oleh Wakil Perdana Menteri Rusia Dmitry Chernyshenko dan pejabat senior Rusia lainnya.

Pihak Rusia juga mengadakan upacara penyambutan akbar di bandara. Band militer memainkan lagu kebangsaan China dan Rusia

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper