Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

AS: Kami Tidak Cari Konflik Bersenjata dengan Rusia!

Mark Milley menegaskan bahwa AS tidak mencari konflik bersenjata dengan Rusia akibat jatuhnya drone milik AS ke Laut Hitam.
Jet tempur MIG-29 Angkatan Udara Polandia./Bloomberg
Jet tempur MIG-29 Angkatan Udara Polandia./Bloomberg

Bisnis.com, JAKARTA - Mark Milley, Ketua Kepala Staf Gabungan Amerika Serikat (AS), menegaskan bahwa pihaknya tidak mencari konflik bersenjata dengan Rusia.

Melansir Bloomberg, Kamis (16/3/2023), Milley Milley mengatakan kepada wartawan pada konferensi pers di Washington, Rabu (15/3/2023), bahwa dia tidak tahu apakah jet Rusia sengaja menyerang drone yang jatuh di Laut Hitam awal pekan ini.

Dia mengatakan, bahwa AS memiliki bukti video tentang insiden tersebut dan tidak diragukan lagi tindakan Rusia agresif.

"Kami tidak mencari konflik bersenjata dengan Rusia" setelah jatuhnya drone mata-mata Amerika dalam pertemuan dengan jet Rusia.

"Saya tidak akan membahas hal itu," kata Milley ketika ditanya oleh seorang reporter tentang kemungkinan itu.

Menteri Pertahanan AS Lloyd Austin dan Menteri Pertahanan Rusia Sergei Shoigu, berbicara pada Rabu (15/3/2023), untuk mengurangi ketegangan.

"Kami menganggap setiap potensi eskalasi dengan sangat serius dan itulah mengapa saya yakin penting untuk menjaga jalur komunikasi tetap terbuka," kata Austin kepada wartawan dalam sebuah pengarahan.

"Saya pikir itu sangat penting bahwa kami dapat mengangkat telepon dan berbicara satu sama lain."

Melansir Reuters, Moskow mengatakan permintaan untuk menelepon datang dari AS, tetapi tidak memerinci isi percakapan antara Shoigu dan Austin.

Keduanya berbicara melalui telepon, setelah para pejabat di Moskow dan Washington saling menuduh buntut jatuhnya pesawat pengintai militer AS di atas Laut Hitam pada Selasa (14/3/2023).

AS mengatakan jet Rusia mengenai baling-baling drone, sementara Moskow mengatakan tidak ada kontak yang dilakukan dan menyalahkan "manuver tajam" oleh pesawat AS atas insiden tersebut.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Nancy Junita
Editor : Nancy Junita
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper