Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Soal Timnas Israel di Pildun U20, Muhadjir: Itu Ranah Menlu dan Menko Polhukam

Menko PMK Muhadjir Effendy enggan berbicara banyak mengenai keikutsertaan tim Nasional (Timnas) Israel U20 yang akan bermain di Piala Dunia U-20 Indonesia.
Soal Timnas Israel di Pildun U-20, Muhadjir: Itu Ranah Menlu dan Menko Polhukam. Menko PMK Muhadjir Effendy / Kemenko PMK
Soal Timnas Israel di Pildun U-20, Muhadjir: Itu Ranah Menlu dan Menko Polhukam. Menko PMK Muhadjir Effendy / Kemenko PMK

Bisnis.com, JAKARTA – Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy enggan berbicara banyak mengenai keikutsertaan tim Nasional (Timnas) Israel U-20 yang akan bermain di Piala Dunia U-20 Indonesia.

Muhadjir menegaskan bahwa hal tersebut merupakan ranah dari Menteri Luar Negeri (Menlu) RI Retno Marsudi dan Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD.

"Belum saya bicarakan secara mendalam karena itu berkaitan dengan domainnya ibu Menteri Luar Negeri dan pak Menkopolhukam. Sementara pak Menkopolhukam masih di Australia," katanya kepada wartawan di Komplek Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (15/3/2023).

Lebih lanjut, dia menyampaikan bakal menjawab pertanyaan tersebut secara intens usai dirinya dilantik menjadi Pelaksana tugas Menteri Pemuda dan Olahraga (Plt Menpora) esok hari.

"Namun, inshaAllah besok sudah ada serah terima saya dengan pak Zainudin Amali. Mungkin saya baru besok bisa memberi penjelasan kepada teman-teman," kata Muhadjir.

Untuk diketahui, Indonesia akan menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 2023 yang akan bergulir pada 20 Mei sampai 11 Juni 2023. Sebagai tuan rumah, Indonesia akan menyambut 23 tim yang ikut meramaikan kompetisi tersebut, dimana salah satunya ada Timnas Israel U-20 yang menuai pro dan kontra.

Keikutsertaan Israel U-20 di Piala Dunia U-20 2023 sempat menimbulkan polemik. Beberapa di antaranya menentang kehadirannya termasuk BDS Indonesia, MER-C, Aqsa Working Group (AWG), Komite Indonesia untuk Solidaritas Dunia Islam (KISDI) dan lain-lain.

Meski begitu, Muhadjir memastikan bahwa serah terima jabatan sebagai Pelaksana Tugas (Plt) Menpora akan dilakukan pada Kamis (16/3/2023). Sehingga pandangannya baru dapat dia berikan besok.

Dia mengaku bahwa penunjukannya sebagai Plt Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) guna mengisi kekosongan pasca Zainudin Amali memutuskan mengundurkan diri setelah menjadi Wakil Ketua Umum (Waketum) I PSSI.

"Besok inshaAllah sudah ada serah terima saya dengan pak Zainudin Amali," katanya kepada wartawan di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (15/3/2023).

Lebih lanjut, Muhadjir mengungkapkan kalau dirinya akan melapor kepada yang Presiden Joko Widodo (Jokowi) usai melakukan sertijab. Salah satu yang menjadi tugas prioritasnya nanti ialah soal persiapan Piala Dunia U-20 sebab Indonesia menjadi tuan rumahnya.

"Prioritas kalau yang paling dekat. Kalau yang dimaksud yang paling mendesak, ya, sepak bola untuk piala dunia U-20," imbuhnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News


Penulis : Akbar Evandio
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper