Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Timnasnya Ditolak Tampil di Piala Dunia U-20, Israel Pernah Dikecam Jokowi soal Ini

Sedang ramai penolakan timnas Israel berlaga di Piala Dunia U-20. Jokowi pernah bilang begini soal Israel.
Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam acara penyerahan Kredit Usaha Rakyat (KUR) Klaster di Istana Negara, (19/12/2022). Youtube Setpres RI.
Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam acara penyerahan Kredit Usaha Rakyat (KUR) Klaster di Istana Negara, (19/12/2022). Youtube Setpres RI.

Bisnis.com, SOLO - Sedang heboh penolakan timnas Israel berlaga di Piala U-20 yang akan dihelat di Indonesia. Jokowi sendiri pernah mengecam Israel terkait apa yang telah mereka perbuat kepada Palestina.

Seperti diketahui, Timnas U-20 Israel sebenarnya berhak tampil di Piala Dunia U-20 2023 yang berlangsung di Indonesia setelah menjadi finalis Piala Eropa U-19 2022.

Akan tetapi, kelolosan Israel tersebut disambut negatif oleh beberapa kalangan. Hal tersebut lantaran Israel tidak memiliki hubungan diplomatik dengan Indoensia.

Selain itu, Israel ditolak karena sudah melakukan banyak kesalahan kepada Palestina, yang sering juga disebut sebagai saudara dekat Indonesia.

Presiden Jokowi bahkan pernah mengencam Israel atas apa yang telah dilakukan bangsa tersebut kepada Palestina.

Pada 15 Mei 2021 misalnya, Presiden Jokowi mengatakan mengutuk keras serangan yang dilakukan oleh bangsa Israel ke negara Palestina,

"Indonesia mengutuk keras serangan Israel yang mengakibatkan hilangnya nyawa ratusan orang, termasuk perempuan dan anak-anak. Agresi Israel harus dihentikan," bunyi cuitan Jokowi pada 15 Mei 2021 lalu.

Presiden Jokowi juga pernah mengecam keras aksi pengusiran paksa sejumlah warga Palestina dari Sheikh Jarrah, Yerusalem Timur, oleh pasukan Israel.

Tak hanya itu, tindakan kekerasan yang dilakukan terhadap warga sipil Palestina di Masjid Al-Aqsa juga tidak bisa dibiarkan.

Hal tersebut juga disampaikan oleh Presiden Joko Widodo melalui akun Twitter resminya @jokowi pada Senin, 10 Mei 2021.

“Indonesia mengutuk tindakan tersebut dan mendesak Dewan Keamanan PBB untuk mengambil tindakan terhadap pelanggaran yang terus dilakukan Israel. Indonesia akan terus mendukung perjuangan rakyat Palestina,” cuit orang no.1 di Indonesia tersebut.

Sebagai informasi, Piala Dunia U-20 bakal berlangsung di Indonesia pada 20 Mei hingga 11 Juni.

Ada enam stadion yang disiapkan sebagai venue yakni Stadion Utama Gelora Bung Karno (Jakarta), Stadion Jakabaring (Palembang), Stadion Si Jalak Harupat (Bandung), Stadion Manahan (Solo), Stadion Gelora Bung Tomo (Surabaya), Stadion Kapten I Wayan Dipta (Bali).

Total 24 negara peserta yang akan berlaga di Piala Dunia U-20 2023. Selain tuan rumah Indonesia, negara lain yang berpartisipasi adalah Gambia, Nigeria, Senegal, Tunisia, Dominika, Guatemala, Honduras, Amerika Serikat, Brasil, Kolombia, Ekuador, Uruguay, Fiji, Selandia Baru, Italia, Inggris, Prancis, Israel, Slovakia, Uzbekistan, Jepang, Korea Selatan, dan Irak.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper