Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ramai Penolakan Timnas Israel di Piala Dunia U-20, Erick Thohir Colek Kemenlu

Ketua Umum (Ketum) PSSI, Erick Thohir, kembali menanggapi isu terkait penolakan tim nasional (timnas) Israel untuk berlaga di Piala Dunia U-20 2023 Indonesia.
Penolakan timnas Israel di Piala Dunia U-20 2023/Reuters
Penolakan timnas Israel di Piala Dunia U-20 2023/Reuters

Bisnis.com, JAKARTA - Ketua Umum (Ketum) PSSI, Erick Thohir, kembali menanggapi isu terkait penolakan tim nasional (timnas) Israel untuk berlaga di Piala Dunia U-20 2023 Indonesia.

Erick Thohir mengatakan bahwa persoalan ramainya penolakan terhadap timnas Israel bukan menjadi domain PSSI.

Sebab, lanjut Erick, federasi hanya diberi mandat untuk mempersiapkan timnas Indonesia yang akan berlaga di ajang Piala Dunia U-20 2023.

"Kan kemarin sudah disampaikan beberapa kali tupoksi PSSI ini mempersiapkan tim nasional, betul? Kan ada tuh jobdesc-nya," ucap Erick Thohir kepada wartawan dikutip Selasa (14/3/2023).

Lebih lanjut, Menteri BUMN ini menegaskan bahwa urusan politik termasuk penolakan terhadap kedatangan timnas Israel menjadi tanggung jawab pemerintah pusat.

Dalam hal ini Erick menyebut kewenangan ada di tangan Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) yang dipimpin oleh Menteri Retno Marsudi.

"Mempersiapkan secara teknis daripada penyelenggaraan dan tentu domain daripada politik luar negeri Indonesia ada di Kemenlu. Itu sudah ada putusannya. Sudah ada rapatnya. Jadi kita harus bagi-bagi tugas dan tentu kembali kita fokus yang ada dulu hari ini," tutur Erick.

Timnas U-20 Israel berhak tampil di Piala Dunia U-20 2023 yang berlangsung di Indonesia setelah menjadi finalis Piala Eropa U-19 2022.

Akan tetapi, kelolosan Israel tersebut disambut negatif oleh beberapa kalangan. Misalnya, Partai Keadilan Sosial (PKS) yang kencang menyuarakan penolakan timnas Israel melalui media sosial.

"Israel diboikot berulang kali di pentas olahraga, PKS: Tolak keikutsertaan Israel di Piala Dunia Sepak Bola U-20! Penjajahan di atas dunia harus dihapuskan!," tulis DPP PKS pada unggahannya di akun media sosial Twitter mereka, @PKSejahtera, Rabu (8/3/2023).

Piala Dunia U-20 bakal berlangsung di Indonesia pada 20 Mei hingga 11 Juni. Ada enam stadion yang disiapkan sebagai venue yakni Stadion Utama Gelora Bung Karno (Jakarta), Stadion Jakabaring (Palembang), Stadion Si Jalak Harupat (Bandung), Stadion Manahan (Solo), Stadion Gelora Bung Tomo (Surabaya), Stadion Kapten I Wayan Dipta (Bali).

Total 24 negara peserta yang akan berlaga di Piala Dunia U-20 2023. Selain tuan rumah Indonesia, negara lain yang berpartisipasi adalah Gambia, Nigeria, Senegal, Tunisia, Dominika, Guatemala, Honduras, Amerika Serikat, Brasil, Kolombia, Ekuador, Uruguay, Fiji, Selandia Baru, Italia, Inggris, Prancis, Israel, Slovakia, Uzbekistan, Jepang, Korea Selatan, dan Irak.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Lukman Nur Hakim
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper