Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pemerintah Tegaskan Tak Ada Kebijakan Kirim ASN Lajang ke IKN

Menpan RB Abdullah Azwar Anas menegaskan tak terdapat kebijakan mengirimkan ASN lajang ke IKN Nusantara.
Pemerintah Tegaskan Tak Ada Kebijakan Kirim ASN Lajang ke IKN . Titik Nol IKN - Humas Setkab/Oji.
Pemerintah Tegaskan Tak Ada Kebijakan Kirim ASN Lajang ke IKN . Titik Nol IKN - Humas Setkab/Oji.

Bisnis.com, JAKARTA – Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Abdullah Azwar Anas menegaskan tak terdapat kebijakan untuk memprioritaskan pemindahan aparatur sipil negara (ASN) yang belum menikah atau lajang ke Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara.

Azwar menyebutkan bahwa kementeriannya justru lebih mempertimbangkan adanya insentif bagi lebih dari 16.000 ASN yang sudah dipersiapkan kepindahannya ke IKN Nusantara.

"Kami tidak ada, tidak ada pertimbangan itu [pemindahan ASN yang lajang]. Pertimbangan kami justru bagaimana ada insentif di sana, termasuk yang kami pikirkan justru bagaimana teman-teman ASN ini pindah tapi tidak lagi kepikiran anaknya, sekolah anaknya," katanya di Kompleks Istana Kepresidenan, Rabu (15/3/2023).

Lebih lanjut, Azwar memerinci bahwa saat ini Kementerian PUPR sudah menyiapkan rumah dinas bagi 16.000 ASN dan petugas pertahanan keamanan.

Apalagi, dia menilai sejauh ini tidak ada ASN yang menolak atau merasa keberatan dipindahtugaskan ke IKN. Bahkan, banyak ASN yang bersurat untuk meminta dipindahkan ke IKN, terutama ASN muda.

"Karena mereka tertarik di IKN. Justru lebih tenang, tidak ada kemacetan dan bahkan di sana digital, tempatnya sehat, oksigennya banyak, dan suratnya meluncur ke kami, tapi yang menolak justru enggak ada," katanya.

Untuk diketahui, saat ini Kemenpan RB sedang mematangkan pemindahan ASN ke IKN. Sesuai dengan arahan Presiden Joko Widodo telah diputuskan ada sekitar 16.990 orang ASN dari 35 kementerian/lembaga, TNI, dan Polri yang akan pindah ke IKN.

Azwar Anas mengatakan ada penambahan anggaran untuk pembangunan apartemen yang menjadi tempat tinggal para ASN, termasuk TNI dan Polri. Para ASN yang bertugas di IKN akan menempati rumah dinas di apartemen itu.

Pertimbangan untuk membangun apartemen, katanya, bertujuan agar ruang terbuka hijau di IKN lebih luas. Selain itu, kawasan IKN akan dilengkapi dengan sejumlah fasilitas berskala internasional, seperti sekolah dan rumah sakit.

"Nanti akan disediakan sekolah, rumah sakit yang bertaraf internasional, kemudian ruang terbuka hijau yang luar biasa luas, jadi udara akan lebih sehat," pungkas Azwar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Akbar Evandio
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper