Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

7 Keistimewaan Bulan Ramadhan yang Bisa Menambah Amalan Puasa Kamu

Keistimewaan bulan Ramadan ini perlu kamu ketahui agar bisa menambah amalan kamu di bulan Ramadan.
Keistimewaan bulan Ramadan/Freepik
Keistimewaan bulan Ramadan/Freepik

Bisnis.com, JAKARTA - Keistimewaan bulan Ramadan sangat banyak dan tidak ada di bulan-bulan lainnya. Itulah mengapa menjalankan bulan Ramadhan adalah hal yang wajib untuk dilakukan. Berbagai ibadah bisa dilakukan secara maksimal tidak hanya yang berhubungan dengan puasa saja. Itulah mengapa sangat disarankan untuk mengetahui apa saja keistimewaan bulan Ramadhan. 

Banyaknya keistimewaan bulan Ramadan umat muslim merasakan nikmatnya menjalani ibadah. Di bulan suci Ramadhan, umat muslim dianjurkan untuk banyak berdoa dan berbuat kebaikan, baik dalam konsep Hablum minallah (hubungan manusia dengan sang pencipta), Hablum Minal’alam (hubungan manusia dengan alam). 

Berikut ini adalah beberapa keistimewaan bulan Ramadhan yang sudah dilansir dari berbagai sumber:

1. Malam diturunkannya Al-quran

Keistimewaan bulan ramadhan yang pertama yakni diturunkannya Al-Quran. Pada malam 17 Ramadhan, Al-Quran diturunkan pertama kali dan menjadi perubahan besar untuk seluruh umat islam di dunia atau biasa disebut dengan nuzulul quran. Sejak itulah, semua ayat diturunkan satu per satu selama beberapa puluh tahun kepada Nabi Muhammad. 

2. Bulan doa-doa dikabulkan

Sebenarnya, doa bisa dikabulkan kapanpun sesuai dengan kehendak Allah SWT. Jadi, kita bisa memanjatkan doa kapanpun kita mau atau membutuhkan. Tidak harus memanjatkan doa dengan menunggu bulan puasa. Tetapi pada bulan Ramadhan berbagai jenis doa-doa yang diinginkan oleh seseorang umumnya akan lebih mudah untuk dikabulkan. 

3. Pintu kebaikan dibuka

Pintu kebaikan akan selalu dibuka sehingga pada bulan ini seseorang akan lebih mudah untuk bertobat. Orang-orang yang awalnya memiliki hati yang keras bisa lebih mudah untuk menjalankan ibadah dan memperoleh kebaikan dalam kehidupannya. 

4. Bulannya untuk sedekah

Pada bulan ini, disarankan untuk lebih banyak melakukan sedekah kepada seluruh umat. Sedekah tidak hanya berhubungan dengan materi dalam jumlah banyak. Terkadang, sedekah yang sederhana pun bisa diberikan secara rutin sesuai kemampuan.

5. Pintu surga terbuka

Bulan suci Ramadhan penuh kemuliaan dan keberkahan menjadi pertanda seluruh pintu-pintu surga terbuka, pintu neraka tertutup bahkan setan-setan dibelenggu. Selain itu, Allah juga menjaga manusia agar terhindar dari perilaku tercela dan keji sehingga lebih banyak menjalankan amalan kebaikan untuk menghapus dosa. 

6. Terdapat malam Lailatur Qadar

Disebutkan malam tersebut lebih baik dari seribu bulan, sebagaimana firman Allah “Sesungguhnya kami telah menurunkannya (Al-Quran) pada malam kemuliaan, dan tahukah kamu apakah malam kemuliaan itu? Malam kemuliaan itu lebih baik dari seribu bulan. Pada malam itu turun malaikat-malaikat dan malaikat Jibril dengan izin Tuhannya untuk mengatur segala urusan. Malam itu (penuh) kesejahteraan terbit fajar.” (Al-Qadar ayat 1-5). 

7. Puasa Ramadan senilai puasa 10 bulan

Keistimewaan bulan ramadhan yang selanjutnya pada bulan Ramadhan memiliki nilai yang lebih dibandingkan puasa pada bulan yang lain. Bahkan Allah melipatgandakan pahala puasa bulan Ramadhan setara dengan puasa 10 bulan. Rasulullah SAW bersabda: “Siapa yang berpuasa (pada bulan) Ramadhan, maka satu bulan sama seperti sepuluh bulan. Dan (siapa yang berpuasa setelah itu) berpuasa selama enam hari sesudah Id (syawal), hal itu (sama nilainya dengan puasa) sempurna satu tahun.” (HR. Ahmad)  

Itulah beberapa keistimewaan bulan ramadhan yang mungkin belum kamu ketahui. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Hana Fathina
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper