Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

7 Amalan di Bulan Ramadhan yang Bisa Menambah Pahala

Berikut ini beberapa amalan di bulan Ramadhan yang bisa kamu lakukan untuk menambah pahala dan keberkahan di bulan suci ini.
Amalan di bulan Ramadan freepik
Amalan di bulan Ramadan freepik

Bisnis.com, JAKARTA - Sebagai bulan yang penuh ampunan, banyak orang yang berlomba-lomba berbuat kebaikan untuk mendapatkan pahala yang berlipat ganda. Termasuk melakukan amalan di bulan Ramadhan. Memang di bulan lain perbuatan tersebut juga berpahala dan tidak kalah baik. Tapi, amalan bulan Ramadan yang dilakukan secara rutin mendapatkan berkah yang melimpah dan dilipatgandakan nilainya. 

Sayangnya, tidak semua orang mengetahui apa saja amalan di bulan Ramadhan yang harus dilakukan. Padahal ada banyak sekali yang bisa dijalankan dan terkadang secara tidak sadar kita sudah menjalankannya. 

Berikut ini adalah beberapa amalan di bulan Ramadhan yang sudah dilansir dari berbagai sumber: 

1. Tadarus Al-Qur'an

Amalan di bulan ramadhan yang pertama yakni membaca al-qur’an. Ibadah ini bisa dilakukan kapanpun setelah menjalankan ibadah sholat wajib. Biasanya, tadarus dilaksanakan setelah selesai menjalankan shalat tarawih. Akan ada banyak orang yang melakukan ibadah ini secara rutin hingga tengah malam sebelum akhirnya melakukan istirahat. 

2. Shalat Tarawih

Ibadah ini tergolong sunnah tetapi pahalanya sangat melimpah karena bisa membukakan pintu rezeki. Jadi, tetap disarankan untuk menjalankan shalat tarawih jika memiliki waktu. Normalnya shalat tarawih dijalankan sebanyak 23 rakaat atau 11 rakaat di beberapa tempat.

3. Berpuasa jika mampu

Puasa memiliki banyak manfaat tidak hanya berhubungan dengan Kesehatan fisik saja tetapi juga bisa meningkatkan keimanan dan juga Kesehatan mental yang dimiliki seseorang. Sayangnya, menjalankan puasa selama satu hari penuh dan satu bulan tidak bisa dijalankan oleh semua orang. 

4. Melakukan sahur

Mungkin beberapa orang pernah mengalami kesiangan bangun sehingga tidak sempat bersantap sahur. Padahal, makan sahur ini merupakan salah satu amalan kebaikan yang Ketika dilakukan mendatangkan keberkahan.

5. Perbanyak sedekah

Perbanyak bersedekah baik kepada keluarga, tetangga, teman termasuk amalan baik di bulan Ramadhan. Bentuk sedekahnya bisa apa saja tetapi tidak memaksakan. Misalnya, jika memiliki kelebihan makanan, maka tidak ada salahnya untuk berbagi ke orang sekitar yang mungkin saja membutuhkan. 

6. I'tikaf ke masjid

I'tikaf ke masjid memang disarankan untuk dilakukan sebulan penuh selama bulan Ramadhan atau memasuki sepuluh malam terakhir, karena waktu tersebut paling diutamakan. Jika melaksanakan i'tikaf di masjid pada sepuluh malam terakhir, hal ini sama seperti kebiasaan Rasulullah SAW ketika menjalankan ibadah.

7. Mandi junub

Selama proses mandi junub, pastikan kamu memperhatikan dengan benar agar tidak ada air yang masuk ke lubang mulut, telinga atau anus. Jika tidak memungkinkan mandi seluruh tubuh sebelum fajar, hendaknya mencuci bagian tubuh tersebut sambil membaca niat mandi besar. 


Itulah beberapa amalan di bulan Ramadhan yang bisa kamu lakukan. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Hana Fathina
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper