Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

BKSAP Minta Parpol Utamakan Kader Perempuan

Akses dan peran perempuan dalam dunia politik dapat menghasilkan kebijakan strategis yang berpihak pada kesetaraan gender
hari perempuan internasional/history
hari perempuan internasional/history

Bisnis.com, JAKARTA - Badan Kerja Sama Antar Parlemen (BKSAP) meminta semua partai politik untuk melibatkan kaum perempuan dalam posisi perpolitikan strategis sebagai bentuk kesetaraan.

Ketua BKSAP, Fadli Zon mengatakan kepemimpinan perempuan di ranah politik harus terus didorong. 

Pasalnya, menurut Fadli Zon, hal tersebut bisa membuat dunia menjadi adil dan berkelanjutan melalui kesetaraan perempuan di kancah politik Indonesia.

“Akses setara di politik menjadi kunci untuk mendorong terwujudnya kesetaraan, utamanya melalui proses politik yang melibatkan perempuan pada peran sentral, salah satunya yaitu di ranah legislasi,” tutur Fadli di Jakarta, Rabu (8/3/2023).

Politisi Partai Gerindra tersebut juga mencatat bahwa keterwakilan perempuan di DPR saat ini baru 123 anggota atau 21,39 persen dari total 575 anggota parlemen. 

Maka dari itu, Fadli berharap agar semua partai politik mengedepankan kader perempuan untuk maju sebagai calon legislatif.

“Hal yang patut ditekankan, akses di ranah politik harus diikuti dengan upaya pemberdayaan perempuan untuk dapat mendorong perubahan menuju kesetaraan gender,” katanya.

Di sisi lain, Fadli juga menyayangkan masih banyak kaum wanita yang terus mengalami berbagai bentuk kekerasan, penindasan, maupun diskriminasi dalam bentuk apapun, tidak terkecuali di kancah politik. 

“Dengan mengusung tema utama #EmbraceEquity, peringatan Hari Perempuan Internasional membutuhkan aksi konkret agar perempuan dapat terlibat langsung dalam ranah pembuatan kebijakan strategis,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Wahyu Arifin
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper