Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Selain Syirik, Ini Dosa yang Tak Diampuni di Malam Nisfu Syaban

Berikut dosa yang tak diampuni Allah SWT di malam Nisfu Syaban, menurut sejumlah hadist.
Berdoa/boldsky.com
Berdoa/boldsky.com

Bisnis.com, SOLO - Nisfu Sya’ban atau tanggal 15 Sya’ban 1444 H akan tiba pada Rabu, 8 Maret 2023 atau mulai Selasa, 7 Maret 2023 malam.

Malam Nisfu Sya'ban adalah malam yang penuh rahmat dan keberkahan bagi umat muslim. Di malam ini, Allah SWT akan memberikan pengampunan kepada umatnya.

Umat muslim pun dianjurkan untuk melakukan beberapa amalan untuk memohon ampun kepada Allah dan diampuni dosa-dosanya.

Amalan yang sebaiknya dilakukan di malam ini yakni dengan memperbanyak membaca istigfar.

Sayyid Muhammad bin Alawi seperti menjelaskan bahwa istighfar merupakan salah satu amalan utama yang harus dibiasakan umat Islam, terlebih di waktu istimewa seperti malam Nisfu Sya’ban.

Hal ini sebagaimana termaktub dalam kitab Ithmi’nânul Qulûb dilansir dari NU Online dalam tulisan berjudul Tiga Amalan Sunnah di malam Nisfu Sya’ban.

“Istighfar dapat memudahkan rezeki, sebagaimana dijelaskan dalam Al-Qur’an dan hadits. Pada bulan Sya’ban pula dosa diampuni, kesulitan dimudahkan, dan kesedihan dihilangkan,” kata Sayyid Alawi.

Namun ada dosa-dosa yang tak diampuni oleh Allah SWT di malam Nisfu Syaban.

Sayyid Muhammad bin Alwi Al-Maliki menjelaskan, sebuah hadits menunjukkan bukti bahwa malam nisfu Sya‘ban adalah malam maghfirah, namun ada dosa yang tak diampuni.

“Allah memandang semua makhluk-Nya pada malam nisfu Sya‘ban kemudian mengampuni dosa mereka kecuali dosa musyrik dan dosa kemunafikan yang menyebabkan perpecahan.” Hadits Riwayat Imam At-Thabrani dan Ibnu Hibban dari Mu‘adz bin Jabal, dikutip dari NU Online.

Selain syirik dan orang munafiq, ada beberapa dosa yang tidak bisa serta merta diampuni pada malam nisfu Sya’ban.

Menurut Sayyid Muhammad, dosa-dosa yang tergolong sebagai dosa besar juga tidak akan diampuni pada malam-malam pengampunan dosa seperti Nisfu Syaban dan juga malam-malam pengampunan yang lain.

Bahkan dosa-dosa seperti ini adalah dosa-dosa yang patut dijauhi baik di malam yang penuh ampunan seperti Nisfu Sya‘ban, bulan Ramadhan, asyhurul hurum, serta malam-malam ampunan yang lain.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper