Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kandidat Astronot Perempuan Ayu Yoneda Dapat Pertanyaan Diskriminasi, Ini Jawabannya

Apakah kamu punya pasangan? Ayu Yoneda menjawab tegas wartawan yang bertanya kehidupan pribadinya.
Ayu Yoneda dan Makoto Suwa menjadi kandidat astronot JAXA/Japan News
Ayu Yoneda dan Makoto Suwa menjadi kandidat astronot JAXA/Japan News

Bisnis.com, JAKARTA - Kandidat astronot asal Jepang Ayu Yoneda mendapatkan pertanyaan diskriminasi dari jurnalis saat sedang konferensi pers.

"Apakah kamu punya pasangan?" 

Saat konferensi pers berlangsung, Ayu Yoneda mendapatkan pertanyaan tersebut. Sebagai informasi, Ayu menjadi kandidat astronot untuk Japan Aerospace Exploration Agency (JAXA).

Dari 4.127 pelamar yang masuk ke JAXA, ada 2 orang kandidat yang dipilih yakni Makoto Suwa, 46 tahun, seorang spesialis pencegahan bencana senior di Bank Dunia, dan Ayu Haneda, 28, seorang ahli bedah di Pusat Medis Palang Merah Jepang, terpilih dari 4.127 pelamar. .

Dilansir dari Huffington Post Jepang, Jumat (3/3/2023), kedua kandidat astronot tersebut sangat senang dan berbicara tentang kegembiraan lulus ujian dan antusiasme mereka untuk masa depan, serta menjawab pertanyaan dari wartawan.

Salah satu, pertanyaan yang dilontarkan wartawan adalah jawaban Ayu Yoneda atas pertanyaan tentang kehidupan pribadinya. "Apakah kamu punya pasangan?" tanya jurnalis.

Menanggapi pertanyaan tentang struktur keluarga, pasangan, anak-anak, dll., Yoneda berkata, "Mohon maaf tidak bisa jawab tentang masalah keluarga dan pasangan. Saya sangat minta maaf karena tidak bisa menjawab. Itu adalah urusan pribadi saya," jawabnya tegas.

Saat reporter yang sama bertanya kembali, "Dari sudut pandang seorang wanita muda, kontribusi seperti apa yang dapat Anda berikan untuk bisnis pengembangan luar angkasa?"

Ayu Yoneda menjawab dengan tegas bahwa sebagai kandidat maka dia harus melakukan hal yang terbaik untuk perkembangan astronot.

Saat mendengar obrolan YouTube di lokasi konferensi pers, banyak orang memuji dan mendukungnya. Terdengar suara samar-samar, "Tidak apa-apa. Anda tidak perlu repot-repot menjawab. Responnya luar biasa."

Di sisi lain, ada juga pihak yang mengungkapkan bahwa sebaiknya tidak bertanya tentang pertanyaan pribadi saat sedang konferensi pers berlangsung. 

Sebagai informasi, Yoneda dan Suwa akan bergabung dengan JAXA pada bulan April 2023, dan setelah orientasi, mereka akan memulai pelatihan untuk sertifikasi astronot.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper