Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Akhir Kisah Kepala Bea Cukai Yogya yang Suka Pamer Harta, Hukuman Kemenkeu Tanpa Ampun

Kisah pamer harta Kepala Bea Cukai Yogyakarta Eko Darmanto berakhir pahit.
Kepala Kantor Bea Cukai Yogjakarta Eko Darmanto. Dok. Bea Cukai
Kepala Kantor Bea Cukai Yogjakarta Eko Darmanto. Dok. Bea Cukai

Bisnis.com, SOLO - Kisah pamer harta Kepala Bea Cukai Yogyakarta Eko Darmanto berakhir pahit setelah Kemenkeu menjatuhkan hukuman tanpa ampun.

Pejabat bea cukai Yogyakarta, Eko Darmanto, viral setelah ketahuan sering pamer harta dan kendaraan mewahnya di media sosial.

Meski demikian, akun Instagram yang selama ini digunakan Eko Darmanto untuk pamer kendaraannya sudah hilang alias tidak bisa ditemukan.

Setelah viralnya kabar tersebut, Kemenkeu menjatuhkan hukuman tanpa ampun kepada Eko Darmanto.

Wakil Menteri Keuangan Suahasil Nazara meminta agar Eko Darmanto dibebastugaskan dari jabatannya sebagai kepala Bea Cukai di Kota Pendidikan tersebut.

"Saya minta ke Ditjen Bea Cukai agar yang bersangkutan segera dibebastugaskan secepat mungkin. Karena sampai saat ini belum tapi saya minta segera," kata Suahasil dalam Konferensi Pers Perkembangan Tindak Lanjut terhadap Sdr RAT dan Sdr. ED, Rabu (1/3/2023).

Kemenkeu sendiri sudah meminta klarifikasi tentang sumber dari sejumlah kendaraan mewah yang dipamerkan oleh Eko Darmanto di akun Instagramnya tersebut.

Pertama adalah foto viral yang menunjukkan pejabat Bea Cukai itu foto di sebuah pesawat bermesin tunggal, Cessna.

Dari hasi penelusuran Bisnis.com, pesawat Cessna tersebut termasuk sangat mahal karena dibanderol dengan harga Rp4,6 miliar hingga Rp6 miliar.

Namun menurut keterangan Eko Darmanto, fotonya di pesawat Cessna tersebut diambil ketika dirinya hendak latihan terbang.

Sementara soal moge yang juga sempat mejeng di akun IG-nya, Eko Darmanto mengatakan kepada Suahasil jika itu hanyalah pinjaman.

Eko Darmanto sebenarnya mengatakan akan memperbaiki sikapnya tersebut. Namun Kemenkeu sudah mengeluarkan perintah untuk membebastugaskan yang bersangkutan, dengan tanpa ampun.

"Terkait foto pamer yang bersangkutan telah mengakui kesalahannya dan berjanji akan memperbaiki," tegas Suahasil. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper