Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Hikmah Puasa Ramadhan dan Dalilnya yang Wajib Diketahui

Simak berikut ini hikmah puasa Ramadhan yang perlu kamu ketahui sekaligus dalilnya.
Hikmah puasa Ramadhan dan dalilnya yang wajib diketahui
Hikmah puasa Ramadhan dan dalilnya yang wajib diketahui

Bisnis.com, JAKARTA - Puasa Ramadhan bagi umat islam memberikan hikmah yang sangat luar biasa besarnya seperti yang disebutkan dalam beberapa hadits. Salah satu hikmah puasa Ramadhan yang paling utama adalah memperbanyak alam dan membentuk kepribadian muslim yang bertaqwa. 

Puasa Ramadhan menjadi kewajiban yang sudah ditetapkan oleh Allah bagi hamba-Nya yang beriman. Kewajiban puasa Ramadhan ini disebutkan dalam firman Allah SWT pada surat Al-Baqarah ayat 183. 

“Wahai orang yang beriman, diwajibkan kepadamu berpuasa sebagaimana telah diwajibkan kepada umat sebelummu agar kamu bertaqwa (QS. Al-Baqarah: 183)

Berikut ini adalah beberapa hikmah puasa Ramadhan dan dalilnya yang sudah dilansir dari berbagai sumber:

  • Menjadi orang bertakwa 
    Salah satu hikmah puasa Ramadhan yang diberikan oleh Allah SWT kepada hambanya yang berpuasa Ramadhan adalah derajat takwa. Memang benar banyak sekali jalan untuk mendapatkan derajat takwa di sisi Allah SWT. Salah satu jalan tersebut yaitu dengan cara menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadhan. Allah SWT berfirman: 

“Hai orang-orang beriman, diwajibkan atas kalian berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kalian agar kalian bertaqwa” (QS. Al Baqarah: 183)

  • Puasa mengajarkan solidaritas
    Puasa Ramadhan mengajarkan kepada manusia untuk lebih peduli kepada sesama dengan banyak bersedekah. Rasa haus dan lapar dikala berpuasa, bisa meningkatkan solidaritas sosial terhadap orang-orang miskin yang tertimpa kesulitan dan anak-anak yatim yang terlunta-lunta. Rasulullah SAW bersabda: 

“Barangsiapa yang memberi makan orang yang berpuasa  di bulan Ramadhan hingga kenyang, maka Allah akan memberinya dari telagaku (telaga Rasulullah SAW) dimana seteguk air itu menjadikannya tidak akan merasa haus selama-lamanya hingga ia masuk ke surga” 

  • Bukti ketaatan kepada Allah SWT
    Dari Abu Hurairah r.a, Nabi SAW bersabda: 

“Barang siapa yang melaksanakan puasa ramadhan dengan keimanan dan keikhlasan, maka diampuni dosanya yang telah berlalu” (Hadis Shahih, Riwayat al-Bukhari: 37 dan Muslim: 1266). 

  • Dijauhkan dari godaan setan 
    Orang yang sedang berpuasa Ramadhan insyaallah ia akan dilindungi oleh Allah SWT dari segala macam godaan setan. Selama bulan Ramadhan, setan juga tidak gampang menggoda orang yang sedang berpuasa untuk melakukan dosa karena dibelenggu oleh Allah SWT. Dari Abu Hurairah ra, bahwa Rasulullah SAW bersabda: 


“Jika telah datang bulan Ramadhan maka pintu-pintu surga akan dibuka, pintu-pintu neraka akan ditutup dan setan-setan akan dibelenggu dengan rantai” (HR. Bukhari dan Muslim)

  • Mengasah kesabaran 
    Bulan Ramadhan adalah bulan yang penuh dengan kesabaran dan balasan kesabaran adalah surga, dan bulan itu adalah rezeki bulan yang penuh simpati (tolong menolong) dan bulan ditambahkan rezekinya orang mukmin. Dalam haditsnya disebutkan:

 

oatha kan yom som ahdkm fla yrfth ola yskhb fan sabh ahd ao katlh flykl an amro saym

“Jika kalian seseorang dari kalian sedang berpuasa, maka janganlah berkata kotor, dan jangan pula bertindak bodoh. Jika ada seseorang yang mencelanya atau mengganggunya. Hendaklah mengucapkan: sesungguhnya aku sedang berpuasa. (HR. Bukhari no. 1904 dan muslim no. 1151)

  • Ladang amal 
    Hikmah Puasa Ramadhan juga memberikan untuk terus meningkatkan amal ibadah di bulan puasa Ramadhan dengan penuh keimanan dan kesungguhan agar diampuni semua dosa-dosanya dan dijadikan manusia yang bertakwa. 

Dalam hadits yang diriwayatkan Imam Muslim bahwa Rasulullah SAW telah bersabda: 

“Setiap amalan kebaikan yang dilakukan oleh manusia akan dilipatgandakan dengan sepuluh kebaikan yang semisal hingga tujuh ratus kali lipat. Allah ta’ala berfirman (yang artinya) “kecuali amalan puasa. Amalan puasa tersebut adalah untuk-Ku. Aku sendiri yang akan membalasnya. Disebabkan ia telah meninggalkan syahwat dan makanan karena-Ku (HR. Muslim). 

  • Pelebur dosa 
    Hikmah puasa Ramadhan yakni sebagai pelebur dosa dengan syarat menjalankannya dengan penuh keimanan dan sungguh-sungguh. rasulullah SAW bersabda: 

mn sam rmdan aymana oahtsaba ghfr lh ma tkdm mn thnbh omn kam lyl alkdr aymana oahtsaba ghfr lh ma tkdm mn thnbh


“Siapa yang puasa ramadhan dengan iman dan ihtisab, telah diampuni dosanya yang telah lalu. Dan siapa yang bangun malam Qadar dengan iman dan ihtisab, telah diampuni dosanya yang telah lalu (HR. Bukhari Muslim)

  • Jadi penghuni surga Ar Rayyan 
    Hikmah puasa Ramadhan yakni mengantarkan seseorang menjadi penghuni surga Ar Rayyan. Dalam hadits Nabi SAW menyebutkan: 

an fy algn baba ykal lh : alryan ydkhl mnh alsaymon yom alkyam la ydkhl mnh ahd ghyrhm ykal : ayn alsaymon fykomon la ydkhl mnh ahd ghyrhm fatha dkhloa aghlk flm ydkhl mnh ahd

“Di dalam surga ada sebuah pintu yang disebut dengan pintu ar-rayyan. Yang masuk melalui pintu itu di hari kiamat hanyalah orang-orang yang berpuasa, yang lainnya tidak masuk lewat pintu itu. Dan diserukan saat itu, “manakan orang-orang yang berpuasa?”. Maka mereka yang berpuasa bangun untuk memasukinya, sedangkan yang lain tidak. Bilamana mereka telah masuk, maka pintu itu ditutup dan tida  ada lagi  yang bisa memasukinya” 

  • Didoakan malaikat 
    Selama bulan Ramadhan sebagai bulan yang agung dan luhur, seseorang muslim senantiasa meningkatkan amal dan ibadahnya dengan penuh suka cita.dan para malaikat berseru: 

ya baghy alkhyr hlm oya baghy alshr aksr

”wahai orang-orang yang menghendaki kebajikan, bergembiralah dan wahai orang-orang yang menghendaki keburukan tahanlah dirimu” (Hadis Shahih, Riwayat al-Nasa’i: 2080 dan Ahmad: 18042, dengan redaksi hadis dari al-Nasa’i)

  • Dapat curahan rahmat 
    Hikmah puasa Ramadhan yakni mendapat rahmat Allah. Disebutkan dalam sebuah Riwayat bahwa “Bulan Ramadhan awalnya adalah rahmah (kasih sayang) Allah, dan pertengahannya adalah pengampunan Allah, serta akhirnya adalah pembebasan dari api neraka”


Itulah beberapa hikmah puasa Ramadhan yang perlu kamu ketahui. 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Hana Fathina
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper