Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Berharap Tak Ada Nyawa Melayang, DPR Optimis Pilot Susi Air Bebas dari KKB

DPR RI optimis pemerintah bisa menyelamatkan pilot Susi Air yang disandera KKB, berharap tak ada korban jiwa.
Ilsutrasi Pesawat perintis Susi Air/Bisnis.com-Eldwin Sangga
Ilsutrasi Pesawat perintis Susi Air/Bisnis.com-Eldwin Sangga

Bisnis.com, SOLO - Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) merilis video dan foto bersama dengan pilot Susi Air pada Selasa (15/2/2023).

Diwakilkan oleh Juru Bicara Komnas Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat Organisasi Papua Merdeka (TPNPB-OPM) Sebby Sambom, KKB mengatakan bahwa pilot Philips Marthen dalam keadaan aman.

"Dalam keadaan baik baik dan sehat. Jadi pilot itu ditahan sebagai teman dan sahabat dari tetangga kami terdekat," ucap Sebby dalam video yang beredar.

Sebby menjelaskan bahwa Philip ditahan sebagai jaminan politik untuk melakukan negosiasi terhadap pemerintah tentang hak kemerdekaan bangsa Papua Barat.

Anggota Komisi I DPR RI Christina Aryani pun optimistis TNI bersama Polri mampu membebaskan pilot Susi Air.

Sama seperti Menkopolhukam Mahfud MD, ia yakin bahwa pendekatan persuasif bisa dilakukan dengan KKB untuk membebaskan Philips Marthen.

"Tentu kami optimis berbekal pengalaman dan latihan selama ini, tugas pembebasan bisa diselesaikan dengan baik pada waktunya. Kuncinya memang persuasif. Jangan sampai jatuh korban yang hanya menimbulkan efek dan dampak buruk bagi solusi masalah Papua," ujar Christina dalam keterangan tertulis di Jakarta, Kamis (16/2), dikutip dari Antara.

DPR RI, lanjut dia, juga yakin TNI memiliki strategi yang baik dan terukur agar pendekatan persuasif yang dilakukan berhasil dengan baik sehingga tidak memunculkan korban jiwa.

"Kami memberikan dukungan moral untuk TNI di lapangan yang bersama Polri sedang mengupayakan pembebasan pilot Susi Air," ucapnya.

Christina meminta pula kepada publik agar tidak perlu merespons berlebihan terkait video yang beredar luas berisi KKB bersama pilot Susi Air yang tengah disandera.

"Tidak perlu membangun narasi atau reaksi yang berlebihan. TNI saya sangat yakin mampu mengelola situasi dengan baik. Kita sama-sama berharap operasi pembebasan Pilot Susi Air berhasil dengan baik," kata Christina.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper