Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Bye Barat! Rusia Siap Beralih ke Bank Syariah

Senior Asosiasi Pakar Keuangan Islam Rusia, Alexandr Kazakov, mengatakan Rusia bersiap menerapkan prinsip-prinsip syariah untuk mengembangkan sistem pembayaran.
Presiden Rusia Vlamidir Putin/Dok. Kremlin
Presiden Rusia Vlamidir Putin/Dok. Kremlin

Bisnis.com, SOLO - Rusia pada awal Februari 2023 mengumumkan ketertarikannya untuk menerapkan sistem pembayaran Islami.

Mereka mulai menerapkan praktik keuangan Islam di beberapa wilayah dengan populasi yang didominasi Muslim, seperti di Dagestan, Chechnya, Bashkiria, dan Tatarstan. Setelah dirasa cocok, Bank Syariah akan diberlakukan di Rusia dalam beberapa tahun ke depan.

Pakar senior di Asosiasi Pakar Keuangan Islam Rusia, Alexandr Kazakov, mengatakan bahwa saat ini adalah waktu yang tepat untuk meninggalkan pasar keuangan Barat dan fokus pada kerja sama dengan negara-negara Arab dan Asia.

Di tingkat korporasi, semua pusat keuangan Barat tertutup bagi modal Rusia. Pemerintah Rusia disebut tidak punya pilihan selain mengembangkan alternatif yang terjangkau.

"Saatnya melupakan keberadaan London dan berkonsentrasi pada Beijing, New Delhi, Singapura, Kuala Lumpur dan negara-negara Teluk," kata Kazakov dilansir Anadolu Agency, Kamis (2/2/2023).

Kazakov mengatakan, prinsip keuangan islam apabila siap diadopsi, akan menjadi alternatif untuk diakui di tingkat legislatif di Rusia.

"Ini adalah langkah politik yang penting baik di dalam negeri maupun dalam hubungannya dengan mitra asing kami yang sebenarnya," katanya.

Menurut Kazakov, perbankan Islam telah berkembang pesat beberapa tahun terakhir dengan Timur Tengah menjadi pusat terbesar perbankan syariah dan Malaysia bagi pasar efek syariah.

Saat ditanya mengenai model keuangan syariah dapat disandingkan dengan sistem keuangan Barat, Kazakov mengatakan akan menjalankan dan melihat hasilnya.

Sistem keuangan Barat saat ini dalam krisis serius. Segala sesuatu akan tergantung pada bagaimana sistem itu dapat selamat dari krisis dan jika dapat selamat dari krisis itu.

Kazakov mengatakan Duma Negara meloloskan RUU tentang pembiayaan mitra dalam sidang pertama. Istilah pembiayaan mitra menunjukkan produk keuangan berdasarkan prinsip-prinsip Islam.

Di Rusia sendiri ada beberapa organisasi keuangan Islam ritel yang berfungsi dengan baik. Sistem keuangan Islam memiliki prospek yang bagus karena permintaan yang sangat banyak dari lebih dari 20 juta Muslim Rusia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper