Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

Cara Daftar KIP Kuliah 2023

Daftar KIP Kuliah 2023 di laman kip-kuliah.kemdikbud.go.id atau melalui KIP Kuliah mobile apps yang didownload di Google Play Store.
Rendi Mahendra
Rendi Mahendra - Bisnis.com 02 Februari 2023  |  19:05 WIB
Cara Daftar KIP Kuliah 2023
Syarat dan Cara Daftar Beasiswa KIP Kuliah Seleksi Mandiri tahun 2022. - Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - Kartu Indonesia Pintar Kuliah (KIP-Kuliah) merupakan progam pemerintah yang diberikan kepada para siswa  dengan keterbatasan ekonomi yang ingin melanjutkan studi di perguruan tinggi.

Mengutip akun Instagram KIP Kuliah, Selasa (31/1/2023), KIP Kuliah 2023 akan dibuka sesuai jadwal pada tahun 2022.

Jika merujuk jadwal tahun 2022, maka pendaftaran KIP Kuliah tahun ini yaitu bulan Februari 2023. Adapun jika berbeda, jadwalnya tidak berbeda jauh dengan tanggal dan bulan tahun lalu.

"Ada banyak yang bertanya kapan KIP Kuliah 2023 dibuka. KIP Kuliah kemungkinan besar akan dibuka sesuai jadwal tahun 2022. Kalaupun tidak sama dengan tahun 2022 setidaknya jadwalnya tidak jauh berbeda tanggal dan bulannya. Kami dari BIDIKIN menyarankan agar mempersiapkan kelengkapan berkas yang dibutuhkan," tulisanya.

Keuntungan mendaftar KIP Kuliah di antaranya peserta dibebaskan dari biaya pendaftaran seleksi masuk Perguruan Tinggi. Selain itu, peserta juga memperoleh biaya kuliah dan mendapat bantuan biaya hidup selama kuliah.

Cara Daftar KIP Kuliah

-Siswa dapat mendaftar KIP Kuliah 2023 di laman kip-kuliah.kemdikbud.go.id atau melalui KIP Kuliah mobile apps (dapat didownload di Google Play Store)

-Kemudian memasukkan NIK, NISN, NPSN dan alamat email yang aktif dan valid

- Sistem KIP Kuliah sakan melakukan validasi terhadap data NIK, NISN dan NPSN serta kelayakan untuk memperoleh KIP Kuliah

-Jika validasi berhasil, maka Sistem KIP Kuliah  akan mengirim Nomor Pendaftaran dan Kode Akses ke alamat email yang telah didaftarkan

-Bagi siswa yang telah menyelesaikan pendaftaran KIP Kuliah, dan memilih jalur seleksi yang akan diikuti (SNMPTN/SBMPTN/SMPN/UMPN/Mandiri);

-Selesaikan proses pendaftaran di portal atau sistem informasi seleksi nasional masuk perguruan tinggi sesuai jalur seleksi yang  telah dipilih, selanjutnya sinkronisasi dengan sistem tersebut akan dilakukan dengan skema host-to-host.

-Jika calon penerima KIP Kuliah dinyatakan diterima oleh Perguruan Tinggi, maka akan dilakukan verifikasi sebelum diusulkan sebagai calon mahasiswa penerima KIP Kuliah.

Syarat Daftar Program KIP Kuliah 2023

-Penerima KIP Kuliah 2023 adalah lulusan SMA atau sederajat yang lulus pada tahun berjalan atau maksimal dinyatakan lulus maksimal 2 tahun sebelumnya, dan mempunyai NISN, NPSN dan NIK yang valid

-Potensi akademik dinyatakan baik dengan keterbatasan ekonomi yang didukung bukti dokumen yang sah

-Siswa SMA atau sederajat yang lulus  pada tahun berjalan  mempunyai  potensi akademik baik dan punya Kartu KIP atau  memiliki Kartu Keluarga Sejahtera atau terdata di Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) Kemensos

-Sudah dinyatakan lulus seleksi penerimaan mahasiswa baru dan diterima di PTN atau PTS pada Prodi dengan yang mendapat Akreditasi A atau B, dan dimungkinkan dengan pertimbangan tertentu pada Prodi dengan Akreditasi C.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kip kuliah
Editor : Rendi Mahendra

Artikel Terkait



Berita Lainnya

    Berita Terkini

    back to top To top