Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kemenkes Temukan 2 Kasus Baru Kraken Omicron XBB.1.5 di Tangsel

Kemenkes mengidentifikasi dua kasus baru Covid-19 subvarian Omicron XBB.1.5 atau Kraken di Pamulang Tangerang Selatan (Tangsel).
Kepala Biro Komunikasi dan Pelayanan Publik  Kementerian Kesehatan Siti Nadia Tarmizi. JIBI/Bisnis- Szalma Fatimarahma
Kepala Biro Komunikasi dan Pelayanan Publik Kementerian Kesehatan Siti Nadia Tarmizi. JIBI/Bisnis- Szalma Fatimarahma

Bisnis.com, JAKARTA — Kementerian Kesehatan (Kemenkes) mengidentifikasi dua kasus baru Covid-19 subvarian Omicron XBB.1.5 atau Kraken. Kepala Biro Komunikasi dan Pelayanan Publik Siti Nadia Tarmizi mengatakan, kasus tersebut ditemukan di Pamulang, Tangerang Selatan (Tangsel), Banten. 

“Iya, [total] tiga kasus, dengan bertambahnya kasus Kraken di Pamulang dan satu kontak erat dengan orang tersebut dinyatakan positif,” ujar Nadia kepada wartawan, Kamis (2/2/2023). 

Nadia mengatakan, satu kontak erat ini dinyatakan positif setelah otoritas kesehatan setempat melakukan pemeriksaan swab terhadap pasien tersebut. 

Dari total 10 orang yang berkontak erat dengan pasien positif di Pamulang, hanya satu orang yang menunjukkan hasil positif Covid-19. 

Adapun mantan juru bicara Kemenkes ini menyampaikan, sebelumnya akhirnya dinyatakan positif Covid-19, pasien ini memang memiliki riwayat perjalanan luar negeri, di mana dia dinyatakan positif setelah kembali ke tanah air usai menjalani ibadah Umroh.  

“Dia PPLN dan ada satu kontak positif. Hanya gejala batuk ringan dan saat ini sudah sembuh, tidak perawatan hanya isolasi mandiri,” katanya. 

Sebelumnya, Kemenkes telah melaporkan kasus pertama subvarian Omicron XBB.1.5 pada 7 Januari lalu. Kasus pertama ini ditemukan pada WNA asal Polandia yang tengah berkunjung ke Balikpapan, Kalimantan Timur. 

Pasien itu diketahui hanya mengalami gejala ringan seperti batuk dan telah dinyatakan negatif Covid-19 usai menjalani isolasi mandiri selaman 8 hari. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News


Editor : Nancy Junita
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper