Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Zelensky Tiba-tiba Ingin Bicara Empat Mata dengan Xi Jinping, Ada Apa?

Mengapa Zelensky tiba-tiba ingin bicara empat mata dengan Xi Jinping? apakah ada hubungannya dengan Rusia?
Presiden China, Xi Jinping
Presiden China, Xi Jinping

Bisnis.com, SOLO - Saat perang yang terjadi antara Ukraina dan Rusia semakin panas, Zelensky coba melakukan manuver yang berbeda.

Dilansir dari Al Jazeera, Presiden Ukraina, Volodymir Zelensky ,telah menulis surat dengan tujuan mengundang pemimpin China Xi Jinping untuk berunding.

Surat itu diserahkan di Davos, Swiss, kepada delegasi China di Forum Ekonomi Dunia, kata istrinya Olena Zelenska pada Rabu, 18 Januari 2023 kemarin.

“Itu adalah isyarat dan undangan untuk berdialog dan saya sangat berharap akan ada tanggapan atas undangan ini,” kata Zelenska kepada wartawan.

Sebenarnya, ini bukan kali pertama Zelensky berharap bisa bertemu dan berbicara dengan Xi Jinping.

Orang No.1 Rusia tersebut sudah beberapa kali mencoba menghubungi Presiden China tersebut, namun hingga saat ini belum ada tanggapan yang berarti.

Zelenskyy juga pernah mengatakan kepada surat kabar South China Morning Post pada bulan Agustus 2022 bahwa dia telah meminta secara resmi untuk berbicara dengan Xi.

Tidak diketahui apa yang akan dibicarakan Zelensky kepada Xi, namun besar kemungkinan jika itu ada kaitannya dengan invasi Rusia.

Diketahui, China dan Rusia mengumumkan kemitraan "tanpa batas" pada Februari tahun lalu, tak lama sebelum Putin memerintahkan pasukannya ke Ukraina.

Tak seperti Barat, China di bawah Xi memutuskan untuk netral, bahkan cenderung memihak Rusia. Hal ini lantaran Tiongkok sendiri punya masalah dengan AS terkait Taiwan.

Zelensky dan Ukraina akan senang apabila China mau berada di pihak mereka untuk menghentikan Rusia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper