Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ini 40 Titik Lokasi Parkir di Sudirman Thamrin saat Car Free Night Malam Tahun Baru 2023

Jalan Sudirman-Thamrin bakal ditutup pada malam tahun baru 2023, berikut lokasi parkir yang bisa digunakan.
Ilustrasi jalan Sudirman-Thamrin
Ilustrasi jalan Sudirman-Thamrin

Bisnis.com, JAKARTA - Bagi masyarakat yang ingin merayakan malam tahun baru di kawasan Sudirman - Thamrin, akan diterapkan car free night.

Jadi bagi Anda yang menggunakan kendaraan bermotor, Dinas Perhubungan DKI Jakarta melah memetakan 40 lokasi parkir yang dapat digunakan masyarakat saat Jalan Thamrin-Jalan Sudirman, Jakarta Pusat, ditutup sementara.

"Meski begitu, kami imbau masyarakat untuk menggunakan moda transportasi publik," kata Kepala Dinas Perhubungan DKI Syafrin Liputo dikutip dari Antara.

Penutupan sementara dari kendaraan bermotor (car free night/CFN) di ruas jalan strategis itu dimulai dari kawasan Patung Kuda di Monumen Nasional (Monas) hingga Patung Pemuda di Bundaran Senayan.

Dinas Perhubungan (Dishub) DKI menjabarkan 40 lokasi parkir di dekat Jalan Thamrin-Jalan Sudirman itu, yakni pelataran Parkir IRTI Monas, Terminal Parkir Elektronik (TPE) Sabang, Kantor Pertamina Pusat, Komplek Wisma Nusantara dan Hotel Nikko.

Selanjutnya, Wisma Mandiri, Hotel Sari Pan Pacific, Djakarta Theater/Skyline Building, Gedung Sarinah Thamrin, Gedung Menara Thamrin, Gedung Jaya, Four Points/Menara Topas, Plaza Sinar Mas Land dan Gedung Plaza Permata.

Kemudian, Gedung Wisma Kosgoro, Pullman Hotel, Hotel Grand Indonesia, Plaza Indonesia, Gedung Parkir Taman Menteng, Mandarin Oriental Hotel, Gedung The City Power, Gedung Wisma 46, Wisma 46 Outdoor Parking serta Gedung BNI 46.

Selain itu, ada juga di Gedung Arthaloka Indonesia, Menara Taspen, Wisma Keiai, Gedung Prince Center Building Lt. XV Ruangan 1501, Menara Astra, Gedung Midplaza, Hotel Le Meridien Jakarta dan Intiland Tower.

Terakhir di Gedung BRI 1 Sudirman, Gedung BRI 2 Jakarta, The Parklane Hotel, Gedung Wisma GKBI, Mall FX Sudirman, Menara Sudirman, Ratu Plaza, STC Senayan, Plaza Senayan dan Gelora Bung Karno (GBK).

Syafrin menekankan agar transportasi publik digunakan masyarakat dengan pengaturan operasional.

Ia menambahkan, operasional TransJakarta tetap selama 24 jam saat malam Tahun Baru 2023 dan rencananya ada penyesuaian rute mencermati kondisi di lapangan saat pemberlakuan bebas kendaraan bermotor di Jalan Sudirman-Thamrin.

Penyesuaian rute itu, yakni dari arah utara, di Jalan Hayam Wuruk melintasi Halte Harmoni rencananya dibelokkan ke kanan di Jalan Suryopranoto-Jalan Balikpapan via Jalan Caringin.

Kemudian Tomang ke kiri-Jalan S Parman-Jalan Gatot Subroto-Semanggi langsung ke Jalan Sudirman menuju Blok M, demikian juga arah sebaliknya.

Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta menerapkan tujuh lokasi perayaan malam tahun baru untuk mengurai kepadatan pengunjung agar tidak menumpuk di satu titik. Misalnya tidak menumpuk di Thamrin-Sudirman.

Adapun tujuh lokasi itu yakni puncak kegiatan di Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Thamrin 10 di Jakarta Pusat, Kantor Wali Kota Jakarta Utara dan Jakarta Barat, Setu Babakan di Jakarta Selatan, Old Shanghai di Jakarta Timur dan Pulau Untung Jawa di Pulau Seribu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper