Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Viral Gaji Dokter Internship Rp1,1 Juta, Begini Komentar Kemenkes

Gaji dokter internship Rp1,1 juta ramai dibicarakan di Twitter. Bagaimana reaksi Kemenkes?
Ilustrasi dokter akan menyuntikkan vaksin/istimewa
Ilustrasi dokter akan menyuntikkan vaksin/istimewa
Bisnis.com, JAKARTA - Gaji atau bantuan biaya hidup (BBH) program intrenship kedokteran 2023  yang hanya mencapai Rp1,1 juta untuk para dokter yang bertugas di wilayah Ibu Kota provinsi kini tengah menjadi sorotan masyarakat. 
 
Gahi tersebut berbanding drastis dengan BBH yang diperoleh para dokter yang bertugas di daerah terpencil, perbatasan, serta kepulauan yang berkisar Rp6,49 juta. 
 
Menurut netizen di media sosial Twitter, kesenjangan itu yang pada akhirnya membuat Kementerian Kesehatan (Kemenkes) kesulitan untuk memenuhi kebutuhan dokter di Indonesia. 
 
Menanggapi hal tersebut, Kepala Biro Komunikasi dan Pelayanan Publik (Kemenkes) Siti Nadia Tarmizi mengatakan, pihaknya belum dapat berkomentar banyak mengenai hal tersebut. 
 
Nadia mengatakan, Kemenkes masih harus melakukan pembahasan dengan unit teknis terkait, yakni Direktorat Jenderal Tenaga Kesehatan. 
 
"Kami koordinasi dengan unit teknis terkaitnya terlebih dahulu ya," ucap Nadia kepada Bisnis, Kamis (15/12/2022). 
 
Adapun, penetapan gaji dokter internship sebesar Rp1,1 juta itu tertuang dalam Keputusan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor Hk.01.07/Menkes/1952/2022 tentang Besaran Intensif Peserta dan Honorarium Dokter Spesialis Pendamping Program Adaptasi Dokter Spesialis WNI Lulusan Luar Negeri serta Bantuan Biaya Hidup Peserta dan Honorarium Dokter dan Dokter Gigi Pendamping Program Internship Dokter dan Dokter Gigi Indonesia. 
 
Terdapat dua skema pembiayaan yang ditetapkan dalam surat keputusan tersebut, yaitu pembayaran BBH Peserta Program Internship Dokter dan Dokter Gigi Indonesia yang berlaku untuk penempatan mulai tahun 2022 dan 2023.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Nancy Junita

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper