Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Wapres Ma’ruf Amin Dorong Kebebasan Pers: Tapi Harus Disertai Tanggung Jawab Sosial

Wapres RI Ma’ruf Amin meminta media harus terus memberikan informasi kepada masyarakat secara berimbang dan edukatif.
Wapres Maruf Amin / Setwapres
Wapres Maruf Amin / Setwapres

Bisnis.com, JAKARTA – Wakil Presiden (Wapres) RI Ma’ruf Amin menilai bahwa transformasi zaman mendorong munculnya berbagai ragam media yang menyediakan aneka pilihan bagi masyarakat sesuai dengan karakteristiknya.

Di tengah derasnya arus informasi, katanya, media perlu melakukan aksi responsif dan adaptif dan tetap harus mengedepankan kode etik jurnalistik dalam mendiseminasi ragam informasi.

“Media massa memiliki posisi strategis sebagai kontrol sosial dalam kehidupan berdemokrasi. Hendaknya kebebasan pers ini mutlak disertai dengan tanggung jawab sosial, dan tetap dalam koridor ketentuan hak asasi manusia,” ujarnya dikutip melalui rilis Setwapres, Rabu (14/12/2022).

Lebih lanjut, orang nomor dua di Indonesia ini menyampaikan bahwa media juga harus terus memberikan informasi kepada masyarakat secara berimbang dan edukatif. Mengingat, peran aktif media dinilainya dapat berkontribusi dalam kemajuan bangsa pascapandemi.

“Terlebih kini, dalam upaya menanggulangi dampak pandemi, media massa bersama dengan segenap elemen bangsa sepatutnya bersinergi untuk mempercepat pemulihan bangsa,” imbaunya.

Menurutnya, dengan meningkatnya akurasi dalam penyebaran informasi oleh media dapat meningkatkan semangat masyarakat untuk bersama-sama mendorong kualitas diri dalam menyongsong Indonesia Emas 2045.

“[Media] juga seyogianya semakin memantik semangat berkarya seluruh insan kreatif Indonesia, untuk lebih produktif, inovatif, dan kontributif mewujudkan Indonesia Emas 2045,” pungkas Ma’ruf.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Akbar Evandio
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper