Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

Segini Harta Kekayaan Calon Panglima TNI Yudo Margono

Jokowi menunjuk Laksamana TNI Yudo Margono sebagai calon Panglima TNI. Berapa harta kekayaannya?
Akbar Evandio
Akbar Evandio - Bisnis.com 28 November 2022  |  17:21 WIB
Segini Harta Kekayaan Calon Panglima TNI Yudo Margono
Kepala Staf TNI Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Yudo Margono (kiri) berjabat tangan dengan Menteri Koordinator Maritim dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan (kanan) saat menghadiri Gerakan Nasional Laut Bersih di Mako Komando Lintas Laut Militer (Kolinlamil), Tanjung Priok, Jakarta, Rabu (7/9/2022). - Antara
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) resmi memilih Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Yudo Margono sebagai calon Panglima TNI menggantikan Andika Perkasa yang akan pensiun. Berapa harta kekayaannya?

Hal ini disampaikan Ketua DPR Puan Maharani dalam konferensi pers di Gedung Nusantara III, Kompleks Parlemen, Jakarta, Senin (28/11/2022).

"Pada kesempatan ini, saya akan mengumumkan bahwa nama yang diusulkan Presiden untuk mengantikan Panglima TNI Andika perkasa adalah Laksamana TNI Yudo Margano. Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) saat ini," ujarnya, Senin (28/11/2022)

Puan belum dapat memastikan kapan uji kelayakan dan kepatutan tersebut akan digelar.

"Dengan sudah resminya surat dari presiden kami terima, artinya bahwa Bapak Laksamana TNI Yudo Margono kepala staf angkatan laut bisa segera mengikuti proses dan mekanisme yang ada di DPR untuk kemudian melaksanakan mekanisme fit and proper tes," pungkas Puan.

Sebagai informasi, Yudo Margono merupakan KSAL TNI ke-27. Dia menjadi pemimpin tertinggi angkatan laut sejak 20 Mei 2020.

Sebelumnya, Yudo sempat menjabat Panglima Komando Gabungan Wilayah Pertahanan I, Panglima Komando Armada I, dan Pangkolinlamil. Dia merupakan alumnus Akademi Angkatan Laut (AAL) angkatan ke-XXXIII/1988.

Untuk diketahui, Pria kelahiran Madiun, Jawa Timur pada 26 November 1965 ini menikahi Veronica Yulis Prihayati dan dikaruniai tiga orang anak, yaitu Novendi Wira Yoga, Ditya Wira Adibrata, dan Noval Wira Abiyuda.

Sebelum menjadi KSAL, Yudo sempat mengemban beberapa jabatan penting dalam dunia militer, seperti menjadi asisten Perwira Divisi (Aspadiv) Senjata Artileri Rudal di KRI YNS 332 (1988) dan Kadep Ops KRI Ki Hajar Dewantara 364 dan Palaksa KRI Fatahillah 361, serta sebagai Panglima Kogabwilhan (24 September 2019).

Di sisi lain, berdasarkan data dari Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) milik KPK, kekayaan Laksamana Yudo Margono mencapai Rp17, 97 miliar.

Laporan tersebut pada Maret 2022 untuk periodik 2021. Dalam laporan itu, terlihat bahwa sebagian besar harta miliknya terdiri atas tanah dan bangunan. Sementara, total seluruh tanah dan bangunan yang dimilikinya mencapai Rp 10,45 miliar.

Tidak hanya itu, Yudo juga memiliki aset tetap berupa tanah dan bangunan sebanyak 51 yang tersebar di Kab/Kota Sidoarjo, Kab/Kota Surabaya, Kab/Kota Bekasi, Kab/Kota Sorong, Kab/Kota Bogor, Kab/Kota Tangerang, Kab/Kota Madiun.

Selain itu, Yudo juga memiliki lima alat transportasi dan mesin dengan total mencapai Rp 1,63 miliar, sementara untuk harta bergerak lainnya sebesar Rp 365 juta, kas dan setara kas sebesar Rp 5,52 miliar.

Meski begitu, Yudo tercatat tidak memiliki utang dalam bentuk apapun sehingga total kekayaannya mencapai Rp 17.970.088.086 (Rp 17,9 miliar).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

panglima tni harta kekayaan penyelenggara negara ksal Andika Perkasa Laksamana Yudo Margono
Editor : Nancy Junita
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top