Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Prabowo Bicara Soal Kandidat Panglima TNI, Begini Katanya

Prabowo Subianto mengatakan panglima TNI baru yang dipilih Presiden Joko Widodo (Jokowi) sudah melalui seleksi yang alamiah dan profesional.
Menteri Pertahanan Prabowo Subianto./Instagram
Menteri Pertahanan Prabowo Subianto./Instagram

Bisnis.com, JAKARTA – Menteri Pertahanan Prabowo Subianto mengatakan panglima TNI baru yang dipilih Presiden Joko Widodo (Jokowi) sudah melalui seleksi yang alamiah dan profesional.

Sebagai informasi, pemerintah akan menyampaikan surat presiden (surpres) mengenai nama panglima TNI penerus Jenderal Andika Perkasa ke DPR pada sore hari ini, Senin (28/11/2022).

“Saya kira orang [panglima TNI baru] yang disampaikan ke DPR itu pasti melalui seleksi yang baik, alamiah, profesional,” ujar Prabowo kepada awak media di Gedung Nusantara II, Kompleks Parlemen, Jakarta, Senin (28/11/2022).

Dia meyakini, pilihan Jokowi merupakan yang terbaik. Prabowo sendiri tak memberi banyak komentar terkait siapa yang menurutnya calon penerus Andika yang terbaik. Begitu juga, soal harapannya.

“Ya kita lihat lah,” ujar ketua umum Partai Gerindra tersebut.

Siapa Panglima TNI Selanjutnya? 

Berdasarkan informasi yang dihimpun Bisnis di lingkungan DPR, nama Yudo Margono menjadi kandidat dengan peluang paling kuat untuk mengganti Andika Perkasa karena jatah panglima kali ini adalah TNI Angkatan Laut (TNI AL).

Tak hanya itu, stabilitas TNI akan terjaga karena semua angkatan dapat kesempatan jadi panglima, tak hanya TNI Angkatan Darat. Apalagi, lanjutnya, beberapa panglima TNI terakhir tak pernah dari angkatan laut.

Sebagai informasi, Yudo Margono merupakan KSAL TNI ke-27. Dia menjadi pemimpin tertinggi angkatan laut sejak 20 Mei 2020.

Sebelumnya, Yudo sempat menjabat Panglima Komando Gabungan Wilayah Pertahanan I, Panglima Komando Armada I, dan Pangkolinlamil. Dia merupakan alumnus Akademi Angkatan Laut (AAL) angkatan ke-XXXIII/1988.

Selain Yudo, sosok lain yang berpotensi menjadi panglima TNI adalah Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal Dudung Abdurachman dan Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) Marsekal Fadjar Prasetyo.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper