Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

Bertemu Zelensky, Rishi Sunak Janjikan Bantuan 50 Juta Poundsterling ke Ukraina

Adapun bantuan pertahanan 50 juta poundsterling ini terdiri dari 125 senjata anti-pesawat dan teknologi.
Ni Luh Anggela
Ni Luh Anggela - Bisnis.com 20 November 2022  |  13:53 WIB
Bertemu Zelensky, Rishi Sunak Janjikan Bantuan 50 Juta Poundsterling ke Ukraina
Perdana Menteri Inggris Rishi Sunak dalam konferensi pers di Hotel Hilton, Nusa Dua, Bali pada Rabu (16/11/2022). - Bisnis/Wibi Pangestu Pratama
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Perdana Menteri (PM) Inggris Rishi Sunak menjanjikan bantuan pertahanan ke Ukraina sebesar 50 juta poundsterling ketika dia bertemu dengan Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky dalam kunjungan perdananya ke Kyiv sejak menjadi perdana menteri.

Sunak menyampaikan, paket bantuan tersebut dimaksudkan untuk melawan serangan udara Rusia. 

Adapun bantuan pertahanan 50 juta poundsterling ini terdiri dari 125 senjata anti-pesawat dan teknologi untuk melawan drone mematikan yang dipasok Iran, termasuk puluhan radar dan kemampuan perang elektronik anti-drone.

Pada kesempatan itu, dia juga mengumumkan bahwa Inggris akan meningkatkan tawaran pelatihan untuk angkatan bersenjata Ukraina, serta mengirimkan ahli medis dan insinyur tentara ke wilayah tersebut guna memberikan dukungan khusus. Demikian melansir BBC, Minggu (20/11/2022).

Menteri Pertahanan Inggris ben Wallace sebelumnya telah mengumumkan akan memberikan 1.000 lebih rudal anti-udara baru pada awal bulan ini.

Janji Sunak untuk mengirimkan lebih banyak dukungan pertahanan udara persis seperti apa yang ingin didengar oleh Zelensky, pada saat serangan udara Rusia telah meluluhlantakkan hampir 50 persen dari infrastruktur energi negara, menurut pemerintah di Kyiv.

Selama kunjungan tersebut, Sunak juga mengonfirmasi 12 juta poundsterling untuk tanggapan Program Pangan Dunia ke Ukraina, serta 4 juta poundsterling untuk Organisasi Internasional untuk Migrasi. 

Downing Street menyebut, dana tersebut akan membantu menyediakan generator dan klinik kesehatan keliling. Inggris juga mengirimkan puluhan ribu peralatan musim dingin untuk pasukan Ukraina.

Menurut perpustakaan House of Commons, Inggris saat ini merupakan penyedia bantuan militer terbesar ke Ukraina setelah AS. Sejauh ini, Inggris telah berkomitmen sekitar 2,3 miliar poundsterling dan telah berjanji untuk menyamai jumlah tersebut pada 2023.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Rishi Sunak Volodymyr Zelensky inggris Ukraina
Editor : Aprianto Cahyo Nugroho
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top