Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

Xi Jinping Bertemu PM Italia Giorgia Meloni, Ini yang Dibahas

Xi mengatakan bahwa China dan Italia adalah mitra strategis yang memiliki kepentingan bersama yang luas dan landasan kerja sama yang mendalam.
Erta Darwati
Erta Darwati - Bisnis.com 17 November 2022  |  14:12 WIB
Xi Jinping Bertemu PM Italia Giorgia Meloni, Ini yang Dibahas
Presiden China Xi Jinping - Bloomberg
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Presiden China, Xi Jinping bertemu dengan Perdana Menteri Italia, Giorgia Meloni, Rabu (16/11/2022) malam, dalam Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 di Bali, Indonesia.

Xi mengatakan bahwa China dan Italia telah bekerja sama untuk mengatasi Covid-19, mengadakan acara kebudayaan tahunan dan pariwisata China-Italia di negara masing-masing, serta “Tota Italia: Origins of a Nation” sebuah pameran di Tiongkok, semakin memperlihatkan persahabatan antar kedua negara.

Xi mengatakan bahwa China dan Italia adalah mitra strategis yang memiliki kepentingan bersama yang luas dan landasan kerja sama yang mendalam. Menurutnya perlu untuk saling mendukung kepentingan satu sama lain.

“Penting bagi kedua negara untuk meneruskan tradisi persahabatan, memahami dan mendukung kepentingan inti dan perhatian utama satu sama lain, mengejar titik temu sambil mengesampingkan perbedaan, memperluas konsensus, dan memberi contoh bagi hubungan antar negara dengan sistem sosial dan budaya yang berbeda,” kata Xi.

Lebih lanjut, Xi menekankan harapannya agar kedua negara bisa saling bermanfaat satu sama lain, dan dapat menentukan potensi kerja sama di berbagai bidang seperti manufaktur, energi bersih, penerbangan dan kedirgantaraan.

“China tetap berkomitmen pada keterbukaan dan akan mengimpor lebih banyak produk berkualitas dari Italia,” lanjut Xi, seperti dilansir dari Xinhua, Kamis (17/11/2022).

Xi menegaskan bahwa China menyambut Italia untuk menjadi tamu kehormatan Pameran Produk Konsumen Internasional China tahun 2023.

“Kedua belah pihak perlu memanfaatkan Olimpiade Musim Dingin 2026 di Milan untuk meningkatkan kerja sama dalam olahraga dan industri musim dingin,” kata Xi.

Selain itu, Xi mengatakan di KTT G20 bahwa China akan terus memperkuat komunikasi dengan Italia dalam kerja sama untuk menghadapi tantangan ekonomi dan lainnya.

“China akan terus memperkuat komunikasi dan koordinasi dengan Italia di dalam G20 dan pada platform multilateral lainnya, untuk memperdalam solidaritas dan kerja sama, mengadvokasi multilateralisme sejati, dan bersama-sama menanggapi tantangan ekonomi global dan tantangan besar lainnya,” lanjut Xi.

Sementara itu, Meloni mengungkapkan rasa senangnya mendapat kesempatan untuk bertemu dengan Xi Jinping dalam KTT G20 di Bali, Indonesia.

Meloni mengatakan bahwa Italia tidak menyetujui konfrontasi blok, dan percaya bahwa negara-negara harus menghormati perbedaan mereka, memperkuat solidaritas, menjaga komunikasi dan pertukaran, dan meningkatkan rasa saling pengertian.

Lebih lanjut, Meloni menegaskan bahwa China adalah negara besar dan Asia menjadi semakin penting bagi dunia. Ia mengatakan bahwa Italia berharap untuk bisa bekerja sama dengan erat bersama China di dalam Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB), G20 dan kerangka kerja lainnya, untuk mengatasi berbagai tantangan mendesak yang dihadapi dunia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

china xi jinping Italia
Editor : Edi Suwiknyo
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top