Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

Foto SBY-Megawati di Gala Dinner G20 dan Gibran-Anies, Cuma Gimmick?

Analis politik memberikan respons soal pertemuan Anies Baswedan dengan Gibran yang diyakininya merupakan sekadar basa basi politik belaka.
Akbar Evandio
Akbar Evandio - Bisnis.com 16 November 2022  |  10:45 WIB
Foto SBY-Megawati di Gala Dinner G20 dan Gibran-Anies, Cuma Gimmick?
Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka memberikan keterangan kepada wartawan di Solo, Selasa (21/6/2022). - Antara
Bagikan

Bisnis.com, BADUNG – Analis Politik Karyono Wibowo turut berkomentar mengenai pertemuan Anies Baswedan dengan Walikota Solo Gibran Rakabuming Raka yang diyakininya merupakan sekadar basa basi politik belaka.

“Pertemuan tersebut hanya gimmick politik, tidak ada hal substansi yang dibahas, tidak ada komitmen politik. Pertemuan tersebut sekadar membentuk opini publik, agar Anies tetap menjadi perbincangan di media,” ujarnya, Rabu (16/11/2022)

Lebih lanjut, Direktur Eksekutif Indonesian Public Institute (IPI) itu menilai agenda utama Anies adalah untuk acara Haul Habib Ali bin Muhammad Al-Habsyi di area Masjid Ar Riyadh, Pasar Kliwon, Solo. Bertemu Gibran bukan agenda prioritas Anies.

“Anies bertemu Gibran dalam istilah jawa hanya nyuwun sewu artinya permisi karena Gibran sebagai walikota Solo,” katanya.

Menurutnya, yang perlu dicermati bukan pertemuan Anies dengan Gibran. Namun, kehadiran Anies di acara Haul Habib Ali bin Muhammad Al-Habsyi di area Masjid Ar Riyadh yang diyakini membawa misi politik untuk kepentingan politik 2024.

“Anies ingin mengambil ceruk pemilih di Solo yang menjadi basis nasionalis dan kandang banteng di Jawa Tengah. Namun, tidak mudah bagi Anies untuk menundukkan Solo. Karenanya, Anies mencoba menggunakan teori makan bubur panas. Dia awali dengan mendekati basis islam di Surakarta dan sekitarnya yang berpotensi bisa digalang lebih dulu, baru merambah ke yang lain,” tuturnya.

Dia menjelaskan Dengan kehadiran Anies di acara Haul Habib Ali bin Muhammad Al-Habsyi di area Masjid Ar Riyadh menjadi indikator bahwa Anies Baswedan akan menggunakan politik identitas sebagai strategi penggalangan dukungan.

Meski begitu, hemat Karyo, Anies sudah berusaha untuk menggeser personal brandingnya dengan melakukan reposisi imej ingin dipersepsikan sebagai sosok nasionalis dan moderat.

“Namun, nampaknya masih menghadapi dilema karena kondisinya dilematis,” pungkas Karyono.

Sekadar informasi, Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka sekaligus putra Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyandingkan foto makannya dengan Anies Baswedan serta momen Gala Dinner G20.

Tampak di foto Gala Dinner G20 dalam satu meja di antaranya Puan Maharani, Megawati Soekarnoputri, Tri Sutrisno, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), Jusuf Kalla, Hamzah Haz.

"Mari makan," tulis Gibran, dikutip melalui Twitter @gibran_tweet, Rabu (16/11/2022).

Sebagai informasi, bakal calon presiden dari Partai NasDem Anies Baswedan bertemu dengan Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka pada hari ini, Selasa (15/11/2022). Anies dan Gibran terlihat makan bersama sebelum berangkat ke acara Haul Habib Ali bin Muhammad Al-Habsyi.

Seperti diketahui, sejumlah petinggi dan mantan pejabat negara terpantau turut menghadiri makan malam atau gala dinner, yang menjadi penutup Konferensi Tingkat Tinggi atau KTT G20 hari pertama.

Gala dinner itu berlangsung di kawasan Garuda Wisnu Kencana (GWK), Badung, Bali pada Selasa (15/11/2022) malam. Terdapat sejumlah mantan petinggi negara, seperti Mantan Wakil Presiden Jusuf Kalla bersama istrinya, Mufidah Jusuf Kalla.

Mantan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) pun hadir di GWK. Dia terpantau berbincang bersama sejumlah petinggi negara anggota G20.

Selain itu, terdapat pula Mantan Presiden Megawati Soekarnoputri yang hadir. Dia tampak berbincang bersama anaknya, Puan Maharani, yang merupakan Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Anies Baswedan Gibran Rakabuming Raka megawati sby
Editor : Rio Sandy Pradana
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top