Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

PM Kamboja Positif Covid-19, Bagaimana Kepala Negara Lain Usai KTT Asean?

Setelah PM Kamboja Hun Sen dinyatakan positif Covid-19, Presiden AS Joe Biden juga melakukan tes dan hasilnya negatif.
Perdana Menteri Kamboja Hun Sen./Bloomberg
Perdana Menteri Kamboja Hun Sen./Bloomberg

Bisnis.com, JAKARTA – Perdana Menteri (PM) Kamboja Hun Sen batal menghadiri KTT G20 di Bali setelah dinyatakan positif Covid-19.

Dilansir dari Bloomberg pada Selasa (15/11/2022), Hun Sen membuat pengumuman di Facebook. Pemimpin Kamboja mengatakan dia tidak menghadiri makan malam dengan kepala negara pada Senin malam karena kedatangannya yang terlambat ke Bali.

Hun Sen mengatakan bahwa dia telah melakukan tes Covid-19 setiap hari termasuk sebelum terbang ke G20 di Bali, dan semua hasilnya negatif.

Deteksi positif Covid-19 ini muncul beberapa hari setelah dia menjamu lebih dari belasan pemimpin dunia termasuk Presiden AS Joe Biden pada KTT Asean ke-40 dan ke-41 di Phnom Penh.

Dilansir dari Channel News Asia, Hun Sen bertemu tanpa masker dengan para pemimpin dari delapan negara Asia Tenggara serta Amerika Serikat, China, Jepang, Australia, dan Kanada pada KTT Asean yang berakhir pada hari Minggu.

Hun Sen juga menyerahkan palu kepemimpinan Asean kepada Presiden Joko Widodo pada upacara penutupan KTT Asean pada 13 November 2022.

Setelah dites positif, Hun Sen akan langsung kembali ke Kamboja.

Untuk alasan keamanan, delegasi Kamboja juga akan kembali pada hari Selasa. Hal ini berarti Hun Sen batal bertemu dengan Presiden China Xi Jinping dan Presiden Prancis Emmanuel Macron pada KTT APEC di Bangkok akhir pekan ini.

"Saudara-saudaraku tercinta! Sekarang saya telah dinyatakan positif Covid-19. Saya tidak yakin kapan saya terinfeksi virus ini, tetapi ketika saya tiba, orang Indonesia mengambil sampel tes pada malam hari, dan paginya dikonfirmasi positif Covid-19," ungkap tulis Hun sen di Facebook.

Dia mengatakan dia beruntung tiba di Bali terlambat dan melewatkan makan malam dengan para pemimpin lainnya.

Lantas, bagaimana dengan pemimpin negara lain yang sempat bertemu dengan Hun Sen di KTT Asean?

Sejauh ini, baru Presiden AS Joe Biden yang dikabarkan melakukan tes Covid-19 usai PM Hun Sen dinyatakan positif. Hasil tes Biden negatif.

"Presiden dites negatif pagi ini dan tidak dianggap sebagai kontak erat," kata Gedung Putih.

Hun Sen bertemu panjang lebar dengan Biden pada hari Sabtu di Kamboja, pertama dalam sesi bilateral dan kemudian menjadi tuan rumah bersama pertemuan antara AS dan Asean. Setelah itu, kedua pemimpin itu duduk bersebelahan dalam jamuan makan malam yang panjang.

Biden telah mendapatkan lima vaksinasi Covid-19, termasuk versi terbaru yang dikenal sebagai vaksin bivalen bulan lalu. Dia menderita Covid-19 pada musim panas dan mengalami gejala ringan.

Dalam konferensi pers Senin malam, Biden sempat mengakui kondisi badannya kurang prima.

"Maaf, saya sedikit pilek," ujarnya dalam konferensi pers.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper