Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

Kontroversi Kapal RS China Bersandar di Tanjung Priok, Ini Penjelasan Kemenkes

Kapal RS dari China bernama Peace Ark dikatakankeme memberikan pelayanan kesehatan bagi warga negara Indonesia (WNI) dan  warga negara asing (WNA) China.
Szalma Fatimarahma
Szalma Fatimarahma - Bisnis.com 15 November 2022  |  16:00 WIB
Kontroversi Kapal RS China Bersandar di Tanjung Priok, Ini Penjelasan Kemenkes
Kapal RS China Bersandar di Tanjung Priok, Ini Layanan Kesehatan yang Diberikan. Kapal rumah sakit Angkatan Laut China Ark Peace-866 bersandar di dermaga JICT, Tanjung Priok, Jakarta, Senin (14/11/2022). ANTARA - HO/Dinas Penerangan Komando Armada RI
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Kapal Rumah Sakit (RS) Angkatan Laut China bernama Peace Ark akan bersandar di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara hingga 18 November 2022. 

Kapal yang tiba di Indonesia sejak 10 November lalu itu memberikan pelayanan kesehatan bagi warga negara Indonesia (WNI) dan  warga negara asing (WNA) China. 

Direktur Jenderal Tenaga Kesehatan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Arianti Anaya menyampaikan bahwa seluruh pelayanan kesehatan yang disediakan oleh Peace Ark harus dijalankan sesuai dengan panduan yang telah ditetapkan oleh Kemenkes. 

"Pelayanan bersifat sementara dan hanya boleh dilakukan pada 10-18 November 2022 sesuai izin tinggal dan Pusat Kesehatan TNI menyediakan personel pendamping dengan kualifikasi sejenis dan dalam jumlah yang sesuai," ujar Arianti dalam keterangan resmi dikutip Selasa (15/11/2022).

Arianti menjelaskan, sebelum diperkenankan untuk memberikan pelayanan bagi WNI maupun WNA China, seluruh tenaga medis Peace Ark harus mendapatkan persetujuan praktik dari Konsil Kedokteran Indonesia (KKI). 

Setelah memperoleh izin praktik, tenaga medis yang berasal dari Peace Ark hanya diperbolehkan untuk memberikan pelayanan kesehatan yang meliputi pemeriksaan fisik dan atau penunjang non invasif, serta edukasi kesehatan. 

Para tenaga media tidak diperkenankan untuk memberikan pemeriksaan fisik yang bersifat invasif seperti pemeriksaan PCR, pengambilan sampel darah atau material biologis lainnya. 

"Pemberian obat atau material apapun baik secara oral, anal, intravena, intramuscular, inhalasi, maupun dengan cara lain, termasuk pemberian vaksin apapun juga tidak diperkenankan," terang Arianti. 

Adapun, pelayanan kesehatan yang diberikan kepada WNI diharuskan untuk dilakukan di area luar kapal Peace Ark (onshore). Sebaliknya, WNA China diperkenankan untuk menerima pelayanan kesehatan di bagian dalam kapal (onboard). 

Sepeti diketahui, kehadiran kapal RS milik China itu menjadi perdebatan publik, terutama di media sosial. Sebagian besar menentang kehadiran kapal tersebut karena dinilai melanggar kedaulatan RI. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kapal rumah sakit china tanjung priok kemenkes
Editor : Aprianus Doni Tolok
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top